Tentang Penalti Bruno Fernandes yang Tiru Jorginho

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 11:29 WIB
Bintang baru Manchester United Bruno Fernandes kembali mencetak gol penalti yang dianggap meniru pemain Chelsea Jorginho saat melawan Club Brugge. Bruno Fernandes memiliki ancang-ancang penalti yang sama dengan Jorginho. (AP/Dave Thompson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang baru Manchester United Bruno Fernandes kembali mencetak gol penalti yang dianggap meniru pemain Chelsea Jorginho saat melawan Club Brugge pada leg kedua 32 besar Liga Europa di Stadion Old Trafford, Kamis (27/2) malam waktu setempat.

Fernandes membuka keunggulan pesta gol 5-0 MU saat melawan Brugge pada menit ke-27. MU mendapat penalti setelah pemain Brugge Simone Deli menahan bola hasil tendangan Fernandes yang mengarah ke gawang menggunakan tangan.

Fernandes kemudian dengan tenang mengecoh kiper Brugge, Simon Mignolet, lewat tendangan lemah ke sisi kanan gawang. Untuk kali kedua beruntun Fernandes membawa MU unggul lewat tendangan penalti. Akhir pekan lalu pemain asal Portugal itu juga membawa MU unggul atas Watford lewat eksekusi penalti.


Sama seperti saat melawan Watford, Fernandes mengeksekusi penalti dengan cara khas. Mantan pemain Sporting Lisbon itu meniru cara tendangan penalti Jorginho. Mengambil langkah kecil, melakukan kuda-kuda melompat dan menendang bola dengan pelan ke pojok gawang.

Tentang Penalti Bruno Fernandes yang Tiru JorginhoBola yang ditendang Fernandes meluncur mulus ke arah gawang Club Brugge. (AFP/OLI SCARFF)
Fernandes mendapat kritikan dari pendukung Chelsea usai melakukan penalti yang sama seperti Jorginho usai MU mengalahkan Watford. Namun, mantan pemain Sporting Lisbon itu tidak peduli.

Dikutip dari Football London, Fernandes mengaku memiliki banyak cara untuk mengeksekusi penalti, salah satunya sama seperti yang dilakukan Jorginho. Namun, Fernandes membantah sengaja meniru Jorginho.

"Saya tidak menendang penalti dengan cara [Jorginho] itu saja, tapi saya merasa cara itu yang terbaik hari ini," ujar Fernandes usai laga melawan Watford.
Tentang Penalti Bruno Fernandes yang Tiru Jorginho

Jorginho sudah melakukan eksekusi ciri khasnya sejak masih memperkuat Verona di Liga Italia, klub profesional pertama pemain timnas Italia berdarah Brasil itu.

Cara Jorginho mengambil penalti hingga kini masih menjadi kontroversi. Sejumlah pihak menganggap penalti itu tidak sah, karena pemain melompat sebelum menendang dan mengecoh kiper. Namun, wasit hingga kini selalu mengesahkan gol penalti dengan gaya Jorginho yang kemudian diikuti Fernandes ini. (nva)