PSSI Penuhi Permintaan Shin Tae Yong TC di Korsel

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 15:00 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. PSSI penuhi permintaan Shin Tae Yong untuk menggelar TC di Korea Selatan. (Dok. PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

PSSI memenuhi permintaan Shin Tae Yong untuk menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di Korea Selatan.

Shin Tae Yong juga disebut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bakal memenuhi permintaan dari PSSI agar datang lebih dahulu ke Indonesia untuk melakukan seleksi pemain sebelum TC di Korsel. Iriawan juga memastikan kedatangan Shin Tae Yong ke Indonesia dalam waktu dekat.

Kedatangan Shin Tae Yong ke Indonesia, lanjut Iriawan juga akan membahas lebih detail roadmap yang telah dikirimkan sebelumnya.


"Yang bersangkutan [Shin Tae Yong] kembali dulu ke Indonesia. Nanti setelah Shin Tae Yong ke sini kami diskusikan, termasuk seleksi ke 44 pemain. Baru setelah itu kita akan melaksanakan TC ke Korea," kata Iriawan kepada CNNIndonesia.com.

Shin Tae Yong memberitahukan kepastian kedatangannya melalui surat kepada Iwan Bule pada Kamis (9/7).

Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.Foto ilustrasi. Latihan Timnas Indonesia U-19. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Syarat Shin Tae Yong ke Indonesia

Sebelumnya dilansir dari situs resmi PSSI, Shin Tae Yong mencoba memastikan beberapa hal kepada PSSI sebagai syarat dia datang ke Indonesia.

Shin Tae Yong meminta kepastian mulai hal teknis hingga protokol kesehatan terkait pandemi virus corona seperti masa isolasi setelah sampai Jakarta.

"Kami ingin informasi yang akurat tentang jadwal dan persiapan TC Timnas U-19 di Korea Selatan. Jadwal saya dan tim pelatih dari Korea Selatan ke Indonesia, lalu periode isolasi, tempat isolasi, dan jadwal selama periode isolasi," kata Shin Tae-yong.

Pelatih yang menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menambahkan roadmap untuk Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia akan diubah. Perubahan ini dilakukan karena keterlambatan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan lantaran ia harus lebih dahulu datang ke Indonesia.

Soal Piala Dunia U-20 2021, Piala AFF 2020 dan 2022, serta peringkat FIFA Timnas Indonesia, Shin menyatakan bahwa selama periode kontrak empat tahun prioritasnya meningkatkan landasan sepak bola Indonesia. Selain itu, memperbaiki masalah mendasar dan meletakkan fondasi bagi sepak bola Indonesia menuju level yang lebih tinggi.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Tujuan utama adalah untuk lolos dari fase grup pada Piala Dunia U-20 tahun 2021 dan juara Piala AFF 2022. Oleh karena itu, yang lebih penting adalah Piala AFC U-19 2020 dan Piala AFF 2020 sebagai proses bagi kita untuk naik ke level yang lebih tinggi."

"Tidak ada pelatih yang tidak bertujuan untuk meraih kemenangan. Tapi sekarang saatnya untuk menginvestasikan waktu dan upaya untuk hasil di masa depan. Tolong bantu saya untuk ini dengan semua orang di PSSI dan semua media yang peduli tentang sepak bola Indonesia," tegas pelatih 51 tahun itu.

[Gambas:Video CNN]



(TTF/ptr)