Demi MotoGP, Quartararo Tempuh 1.200 Km Buat Latihan

CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 12:04 WIB
Demi mengejar cita-cita jadi pebalap MotoGP, Fabio Quartararo muda bisa tempuh 1.200 km jalur darat buat latihan. Fabio Quartararo memenangkan podium pertama MotoGP Andalusia 2020. (AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fabio Quartararo mengungkapkan latihan ekstra berat yang harus dia lalui sejak kecil sehingga bisa menapaki sukses di MotoGP. Sejak masih tujuh tahun, dia biasa menempuh 1.200 kilometer via perjalanan darat tiap pekan untuk berlatih.

Quartararo berhasil meraih kemenangan dua kali beruntun di Sirkuit Jerez pada MotoGP Spanyol 2020 dan MotoGP Andalusia.

"[Latihan] itu sangat tidak mudah. Ketika saya masih tujuh tahun, kami biasa mengendarai van dengan ayah untuk pergi dari Prancis ke Spanyol."


"Kami menempuh perjalanan 1.200 kilometer setiap akhir pekan untuk latihan balapan. Anda bisa bayangkan betapa beratnya itu. Saya tak pernah berhenti melakukan perjalanan itu antara usia tujuh hingga 15," ujar Quartararo dikutip dari France24.

Fabio Quartararo of France, left and Valentino Rossi of Italy touch fists after Quartararo won the race with Rossi finishing 3rd during the MotoGP race during the Andalucia Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday July 26, 2020. (AP Photo/David Clares)Fabio Quartararo dan Valentino Rossi satu podium di MotoGP Andalusia 2020. (AP Photo/David Clares)

Quartararo pun mengungkapkan bahwa dia harus bersaing balapan dengan bocah-bocah pembalap asal Spanyol yang lebih banyak dan lebih jago ketika itu.

"Di Prancis mungkin hanya ada tiga atau empat pembalap yang harus bersaing di kejuaraan. Namun ketika tiba di Catalonia, ada 15 pembalap [Spanyol] dan mereka jauh lebih cepat daripada saya," terang Quartararo.

Quartararo kini tercatat sebagai pembalap pertama asal Prancis yang berhasil memenangkan podium pertama MotoGP dua kali beruntun.

Menang di MotoGP Andalusia 2020, Quartarao menceritakan kembali momen-momen dramatis di balapan.

Banner Live Streaming MotoGP 2020

"Sudah menempuh setengah perjalanan, saya melihat masih berapa lap lagi yang bakal ditempuh. Ketika mengetahui baru 12 lap, saya mengatakan: 'wow, masih lama.' Tangan saya sudah merasakan panas," ujar Quartararo.

The Devil pun berhasil memenangkan MotoGP Andalusia mengalahkan Maverick Vinales di peringkat kedua dan Valentino Rossi di posisi ketiga.

Dia juga mengungkapkan kesannya berada satu podium dengan sang idola, Rossi, sesuatu yang amat membanggakan.

"Satu podium dengan Rossi sungguh fantastis," terang Quartararo.

[Gambas:Video CNN]

(bac/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK