Usman Incar Gelar Khabib di UFC

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 19:05 WIB
Kamaru Usman dan Khabib Nurmagomedov adalah teman, namun sang juara kelas welter tergiur gelar The Eagles sebagai raja pound for pound di UFC. Kamaru Usman mengincar gelar yang dimiliki Khabib Nurmagomedov. (Steve Marcus/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kamaru Usman dan Khabib Nurmagomedov adalah teman, namun sang juara kelas welter tak menampik menginginkan gelar The Eagles sebagai raja pound for pound di UFC.

Usman yang menempati peringkat keempat di kategori pound for pound setelah megalahkan Gilbert Burns, merasa tidak mendapat respek dari UFC.

Petarung berjuluk Nigerian Nightmare itu merasa layak menjadi pemuncak ranking pound for pound. Pound for pound merupakan istilah yang ditujukan bagi petarung terbaik dari seluruh kelas yang ada.


Namun Usman sendiri memaklumi gelar pound for pound jadi milik Khabib sejauh ini karena petarung asal Dagestan itu pun baru dianugerahi gelar tersebut usai menang lawan Gaethje.

"Saya kembali berpikir dan saya merasa seperti saya adalah yang nomor satu. Tetapi ini [gelar pound for pound] masih sangat baru karena Khabib baru bertarung beberapa waktu lalu. Dan tentu saja saya akan memberikannya kepada Khabib," kata Usman.

"Tetapi jika Khabib pensiun dan dia pergi, saya berhak menempatkan diri saya di sana, terlebih dengan absennya Jon [Jones] sekarang. Tapi kalau keduanya masih aktif, sangat sulit untuk mengabaikan apa yang telah mereka lakukan," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

Usman saat ini berada di bawah Khabib, Jones, dan Israel Adesanya dalam peringkat pound for pound.

Sementara Khabib telah menyatakan pensiun sejak mengalahkan Justin Gaethje pada Oktober 2020 dan Jones tidak lagi tampil di octagon setelah menang atas Dominick Reyes.

"Saya mau tahu, apa kriteria pound for pound? Apakah itu kontes popularitas? Apakah mereka berkata, 'Oh orang ini populer, jadi dia ada di nomor satu pound for pound?' Itukah yang terjadi? Jika memang itu yang terjadi maka saya ingin tahu. Jika bukan maka saya mau tahu kenapa saya tidak ada di posisi teratas," beber Usman dikutip dari MMA News.

Rekor pertarungan MMA Usman adalah 18 kemenangan dan satu kali kalah. Sementara khusus di ajang UFC, petarung kelahiran Nigeria itu mengemas 13 kemenangan tanpa kalah atau sama dengan capaian Khabib.

(nva/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK