Chess.com: Elo Rating Dewa Kipas Merosot Saat Lawan Irene

ptr, CNN Indonesia | Rabu, 24/03/2021 08:25 WIB
Chess.com, situs yang menjadi awal sensasi Dewa Kipas ikut memberikan komentar performa Dewa Kipas saat Irene Kharisma Sukandar. Dewa Kipas kalah telak dari Irene Kharisma Sukandar. (CNN Indonesia/Huyogo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Chess.com, situs yang menjadi awal sensasi Dewa Kipas ikut memberikan komentar terkait performa Dewa Kipas saat menghadapi WGM Irene Kharisma Sukandar.

Menurut Chess.com, ada perbedaan besar dalam elo rating yang terlihat dari penampilan Dewa Kipas.

"Chess.com memperkirakan penampilannya [Dewa Kipas] dalam tiga babak [melawan Irene] adalah memiliki elo 1.127. Penampilan online rating miliknya melebihi elo 3.000, penampilan tertinggi dalam sistem Fair Play Chess.com untuk menghitung permainan antar manusia," tulis Chess.com.


Sensasi Dewa Kipas bermula pada penampilannya di Chess.com. Dalam situs permainan daring catur tersebut, Dewa Kipas meraih kemenangan atas GothamChess alias Levy Rozman yang bergelar International Master.

Ilustrasi permainan caturSitus chess.com jadi tempat awal sensasi Dewa Kipas. (morgueFile/mconnors)

Tak lama setelah kemenangan tersebut, akun Dewa Kipas di-banned oleh Chess.com.

GothamChess kemudian menunjukkan data akurasi tinggi dan konsisten milik Dewa Kipas yang dianggap mencurigakan. Namun GothamChess menyatakan ia tidak melakukan report atau meminta pendukungnya untuk melakukan report terhadap akun Dewa Kipas.

Ali Akbar, anak Dewa Kipas, lalu mengangkat kisah Dewa Kipas dengan menyatakan bahwa akun sang ayah di-banned lantaran laporan massal dari pendukung Gothamchess.

Cerita ini viral dan membuat netizen Indonesia berbalik menyerang akun media sosial milik Gothamchess.

Percasi ikut angkat bicara dan meyakini Chess.com sudah memiliki sistem yang bisa mendeteksi kecurangan pemain-pemain yang berlaga di dalamnya. Irene Kharisma Sukandar juga ikut berbicara lewat surat terbuka.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Kehebohan ini berujung pada duel Dewa Kipas melawan Irene. Irene menang dengan telak dalam tiga babak yang digelar.

Elo rating yang dimiliki seorang pecatur adalah gambaran kemampuan dan skill seorang pecatur. Elo rating bisa naik dan turun bergantung pada performa pecatur dalam penampilan di turnamen dan lawan-lawan yang dihadapinya.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK