Jurgen Klopp Sempat Menolak Ide European Super League

CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 16:26 WIB
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp sempat menentang ide European Super League pada tahun 2019. Manajer Liverpool Jurgen Klopp sempat menentang digelarnya kompetisi European Super League. (Foto: Pool via REUTERS/PHIL NOBLE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Liverpool telah menyatakan bergabung dalam kompetisi European Super League, meski pelatih Jurgen Klopp sempat menolak ide tersebut sejak dua tahun lalu.

Liverpool merupakan satu dari 12 klub top Eropa yang telah mendaftarkan diri untuk ikut European Super League. Tetapi, Klopp sempat menolak gagasan kompetisi ini pada 2019 silam.

"Saya berharap Liga Super ini tidak akan pernah terjadi. Dengan cara Liga Champions sekarang berjalan, sepak bola memiliki produk yang hebat, bahkan dengan Liga Europa," kata Klopp pada dua tahun lalu dikutip dari Mirror.


Klopp tidak setuju dengan sistem Super League yang hanya mempertemukan tim-tim elite yang sudah terdaftar.

"Tentu saja, ini [secara finansial] penting, tetapi mengapa kami harus membuat sistem di mana Liverpool menghadapi Real Madrid selama 10 tahun berturut-turut? Siapa yang ingin melihat itu setiap tahun?," ucap Klopp.

Liverpool's Mohamed Salah, left, attempts a shot at goal and misses in front of Real Madrid's Casemiro, center, and Real Madrid's Ferland Mendy, right, during a Champions League quarter final second leg soccer match between Liverpool and Real Madrid at Anfield stadium in Liverpool, England, Wednesday, April 14, 2021. (AP Photo/Jon Super)Pertandingan Liverpool vs Real Madrid pada babak perempat final Liga Champions. (Foto: AP/Jon Super)
 

Selain Liverpool, lima klub Liga Inggris lainnya juga telah bergabung sebagai pendiri European Super League. Kelima klub tersebut adalah Manchester City, Manchester United, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Selain enam klub Liga Inggris, trio klub Liga Spanyol: Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid juga masuk menjadi pendiri. Bukan hanya itu, tiga klub top Italia: Juventus, AC Milan, dan Inter Milan juga menyatakan kesiapannya untuk ambil bagian menjadi pendiri kompetisi tersebut.

Super League masih menunggu tiga tim lagi yang akan menyusul menjadi Klub Pendiri atau kontestan tetap Super League. Nantinya, Super League akan diikuti 20 kontestan yaitu 15 Klub Pendiri dan lima klub tambahan dari kualifikasi yang berdasarkan peringkat dari musim sebelumnya.

[Gambas:Video CNN]



(rhr/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK