Panpel Antisipasi Pergerakan Suporter di Final Piala Menpora

CNN Indonesia | Selasa, 20/04/2021 19:00 WIB
Panpel Piala Menpora akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi pergerakan suporter terkait final Piala Menpora 2021. Wakil Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 Sudjarno. (Foto: CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Panitia Pelaksana (Panpel) atau Organizing Committee Piala Menpora akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengantisipasi pergerakan suporter atau perayaan usai final Piala Menpora 2021.

Final Piala Menpora 2021 mempertemukan dua klub dengan massa suporter besar di Indonesia, Persija Jakarta dan Persib Bandung. Leg pertama bakal digelar di Stadion Manahan Solo, Kamis (22/4) dan dilanjutkan dengan leg kedua di lokasi yang sama Minggu (25/4).

"Prinsipnya kami berkoordinasi dengan kepolisian setempat terkait rangkaian babak-babak yang dilaksanakan ini. Sejak awal komitmen koordinasi kami baik sekali dengan kepolisian setempat, jadi partai mana pun yang bertanding dilakukan pengamanan sesuai standar. Termasuk antisipasi kalau ada pergerakan, ada yang nobar (nonton bareng)," kata Sudjarno, Wakil Ketua Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/4).


Selain itu, Sudjarno yang juga menjabat sebagai Direktur Operasional PT. Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku akan terus berkomunikasi dengan kepolisian tempat dua klub berasal. Panpel, disebut Sudjarno, sudah berkomunikasi dengan pihak Polda Metro Jaya dan Polda Jabar terkait antisipasi pergerakan massa yang berpotensi merayakan gelar usai pertandingan.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Kami sampaikan ke Polda-Polda tempat homebase tim itu [DKI dan Jabar] mohon bisa diantisipasi. Terpenting kami sudah siapkan semua sesuai planning yang sudah disiapkan sebelumnya. Tapi kami juga mempersilahkan kalau pihak kepolisian ada penambahan kekuatan berdasarkan analisa dari antisipasi yang akan terjadi. Kami penyelenggara akan dukung," kata Sudjarno.

"Tapi kami juga saling support kasih informasi dan masukan. Kalau ada kemungkinan nobar atau pergerakan suporter akan kami sampaikan. Alhamdulillah jajaran kepolisian siap," tambahnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat memberikan keterangan di Jakarta, Jumat, 26 Februari 2021.Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengimbau kepada fans untuk tidak melakukan konvoi pasca final Piala Menpora. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku yakin suporter tetap memegang komitmen untuk tidak datang ke stadion atau berkerumun pasca duel Persib Bandung vs Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021.

"Saya tetap masih pegang komitmen pimpinan suporter dan saya meyakini mereka tidak akan melakukan itu [menggelar perayaan dengan turun ke jalan] karena itu akan berpengaruh ke izin liga. Kalau itu dilakukan, polisi akan evaluasi, dikasih atau tidak izin Liga 1," kata Menpora Amali beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(rhr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK