Gara-gara Gol Hantu Muntari, Milan Terpuruk di Serie A

CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 00:28 WIB
Legenda AC Milan Antonio Nocerino menyebut eks klubnya terpuruk di Liga Italia gara-gara 'gol hantu' Sulley Muntari saat melawan Juventus. AC Milan terpuruk di Liga Italia. (AP/Antonio Calanni)
Jakarta, CNN Indonesia --

Legenda AC Milan Antonio Nocerino menyebut eks klubnya terpuruk di Liga Italia gara-gara 'gol hantu' Sulley Muntari saat melawan Juventus tidak disahkan.

Gol hantu Muntari itu terjadi di pekan ke-25 Serie A musim 2011/2012. Pada laga itu, Milan unggul lebih dahulu pada menit ke-14 melalui gol Nocerino.

Sundulan Muntari di babak kedua sempat membawa tuan rumah unggul 2-0. Akan tetapi, bola yang dalam tayangan ulang sudah melewati garis gawang itu bisa dibuang Gianluigi Buffon.


Tanpa teknologi VAR dan garis gawang, wasit serta hakim garis tidak mengesahkan gol Muntari itu. Alih-alih unggul 2-0, Milan justru kebobolan di menit ke-83 oleh gol Alessandro Matri.

Hasil imbang itu membuat Milan tergelincir dalam perburuan gelar musim 2011/2012 hingga akhirnya gagal mempertahankan gelar juara Liga Italia.

Pada musim itu, Juventus jadi kampiun setelah unggul empat poin atas Milan. Gelar juara Juventus bersama Antonio Conte pada musim tersebut menjadi pembuka dominasi Bianconeri selama sembilan musim.

Dikutip dari Sportbible, menurut Nocerino, gol hantu Muntari itu tidak saja mengubah hasil pertandingan tetapi juga sejarah Milan.

AC Milan's Theo Hernandez, left, jumps for the ball with Juventus' Federico Chiesa during the Serie A soccer match between AC Milan and Juventus at the San Siro stadium, in Milan, Italy, Wednesday, Jan. 6, 2021. (AP Photo/Antonio Calanni)Laga melawan JUventus pada musim 2011/2012 mengubah nasib Milan. (AP/Antonio Calanni)

Lantaran gagal juara pada musim itu, Milan kini terpuruk di Serie A. Sembilan musim berikutnya, Milan tidak pernah juara dengan pencapaian terbaik pada musim 2012/2013 dengan menjadi peringkat ketiga.

"Itu luar biasa, itu adalah gol. Buffon bergerak ke belakang garis gawang saat dia menguasai bola," ujar Nocerino kepada The Italian Football Podcast.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Momen itu mengubah masa depan Milan. Dengan gol itu (Muntari), Milan akan memenangkan Scudetto. Para pemain hebat, Zlatan dan Thiago Silva, tidak akan meninggalkan klub pada akhir musim," ucap Nocerino menambahkan.

Menurut Nocerino, jika Milan Scudetto pada musim 2011/2012, Ibrahimovic dan Thiago akan bertahan di San Siro. Selain itu Rossoneri juga bisa memenangkan lebih banyak gelar.

[Gambas:Video CNN]



(sry/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK