26 Atlet Indonesia Bakal Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 12:24 WIB
National Olympic Committee Indonesia menyatakan ada 26 atlet yang akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan, sudah memastikan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 26 atlet Indonesia dipastikan lolos untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020 pada 23 Juli-8 Agustus mendatang. Jumlah itu berdasarkan data terakhir yang didapat dari National Olympic Committee (NOC) Indonesia per Kamis (17/6).

Sekjen NOC, Ferry Kono menyebut ke-26 atlet yang terdiri dari 14 atlet putra dan 12 putri yang lolos berasal dari tujuh cabang olahraga, yakni atletik, bulutangkis, menembak, surfing, renang dan angkat besi. Jumlah itu masih bisa bertambah seiring masih berlangsungnya kualifikasi di beberapa cabang olahraga sampai akhir Juni mendatang.

"Yang sudah lolos ditambah wildcard totalnya 26 atlet. Yang masih menanti kualifikasi adalah voli pantai, panahan beregu. Serta gymnastic yang menunggu pengumuman dari International Federation (IF) karena tidak ada kualifikasi," kata Ferry Kono kepada CNNIndonesia.com.


Atletik meloloskan Lalu Muhammad Zohri yang turun di nomor paling bergengsi 100 meter putra. Lalu lolos ke Olimpiade setelah finis ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik di Golden Grand Prix Osaka, Jepang Mei 2019 lalu.

Dari cabang olahraga bulutangkis dipastikan telah meloloskan 11 atlet. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dari kategori tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung dari tunggal putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu di ganda putri, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di ganda putra serta pasangan ganda campuran yang diwakili Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Selain Lalu Zohri, atletik juga mengirimkan Alvin Tehupejory melalui jalur wildcard untuk mengisi Universality Quota. Alvin merupakan pemegang rekor nasional lari 200 meter yang ia bukukan pada 2019.

Cabor panahan juga dipastikan mengirimkan dua wakilnya ke Tokyo 2020 dari nomor recurve perorangan putra dan putri. Mereka adalah Riau Ega Agatha Salsabila untuk kategori recurve perorangan putra, dan Diananda Chairunissa untuk recurve perorangan putri.

Pelari Putra Lalu Muhammad Zohri saat mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) Atletik di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, 3 September 2019. PB PASI terus memberikan latihan kepada atlet-atlet atletik sebagai persiapan ajang SEA Games 2019 di Filipina.
Pelari Putra Lalu Muhammad Zohri yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Panahan masih berpeluang untuk menambah tiket ke Olimpiade Tokyo 2020 dari nomor beregu. Kepastiannya tergantung pada hasil yang didapat Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Pangestu, Alviyanto Bagas Prastyadi, serta Diananda Choirunnisa, Titik Kusuma Wardahani, dan Rezza Oktavia di kualifikasi Olimpiade 2020 terakhir Piala Dunia Panahan 2021 yang digelar di Paris, Prancis, 18-21 Juni.

Banner Euro 2020

Dari cabor menembak, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba yang turun di nomor 10 meter air rifle putri dipastikan bakal mewakili Indonesia di ajang multievent olahraga terbesar di dunia.

Sementara itu, dari cabang olahraga dayung Indonesia juga akan mengirimkan wakil di Olimpiade Tokyo 2020 dari nomor lightweight women's double sculls (LW2x) atas nama Mutiara Rahma Putri/Melani Putri. Keduanya lolos usai meraih peringkat empat di kejuaraan kualifikasi di Tokyo yang berlangsung 7 Mei lalu.

Mutiara Rahma Putri/Melani Putri berhasil mencatatkan waktu catatan waktu 7.35,71 detik di bawah pasangan Jepang, Chiaki Tomita/Ayami Oishi dengan catatan waktu tercepat 7.15,84 detik di urutan pertama, lalu wakil Vietnam Thi Thao Luong/Thi Hao Dinh dengan catatan 7.17,34 detik di posisi kedua, dan wakil Iran Zeinab Norouzi Tazeh Kand/Kimia Zarei dengan catatan waktu 7.23,86 detik di peringkat ketiga.

Berita ini berlanjut ke halaman berikutnya >>>

[Gambas:Video CNN]

26 Atlet Indonesia Bakal Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK