Hasil Euro 2020: Austria Dampingi Belanda ke 16 Besar

CNN Indonesia
Selasa, 22 Jun 2021 00:58 WIB
Austria berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) mendampingi Belanda usai mengalahkan Ukraina 1-0 di laga terakhir Grup C. Austria lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021). (AP/Daniel Mihailescu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Austria berhasil mendampingi Belanda ke 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai menang 1-0 atas Ukraina pada laga terakhir Grup C di Arena Nationala, Bucharest, Rumania, Selasa (22/6) dini hari WIB.

Kemenangan atas Ukraina membuat Austria lolos sebagai runner up grup. Austria mengoleksi enam poin di posisi kedua, sedangkan Belanda keluar sebagai juara grup dengan hasil sempurna.

Austria berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-21 memanfaatkan situasi tendangan pojok. Eksekusi yang dilakukan David Alaba mampu disontek oleh Christoph Baumgartner di dalam kotak penalti untuk mengubah skor jadi 1-0.


Ukraina mempunyai peluang untuk menyamai kedudukan pada menit ke-29. Mykola Shaparenko berhasil mengecoh satu pemain Austria dan melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang yang masih bisa diantisipasi kiper Austria, Daniel Bachmann.

Ukraine's Roman Yaremchuk, right, challenges Austria's Florian Grillitsch during the Euro 2020 soccer championship group C match between Ukraine and Austria at the National Arena stadium in Bucharest, Romania, Monday, June 21, 2021. (Daniel Mihailescu/Pool Photo via AP)Ukraina menelan kekalahan dari Austria di laga terakhir Grup C Euro 2020. (AP/Daniel Mihailescu)

Pada menit ke-37, Austria memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Namun, tendangan Konrad Laimer dari dalam kotak penalti Ukraina masih bisa digagalkan Bushchan.

Marko Arnautovic membuang peluang untuk memperbesar keunggulan Austria pada menit ke-42. Sontekan Arnautovic yang berdiri tanpa kawalan memanfaatkan situasi serangan balik justru sama sekali tak mengarah ke gawang Ukraina.

Austria mendapatkan dua peluang lagi di sisa babak pertama. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat skor 1-0 tidak berubah hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Ukraina bermain lebih agresif dalam melakukan serangan. Peluang didapat Oleksandr Karavaev memanfaatkan umpan silang tetapi sundulannya masih menyamping di sisi kanan gawang Austria pada menit ke-61.

Ukraina terus berupaya mencetak gol penyama kedudukan. Namun, upaya anak asuh Andriy Shevchenko untuk mencetak gol penyama kedudukan tak kunjung membuahkan hasil karena kerja sama tim yang tidak terlalu baik.

Ukraina yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos mendapatkan peluang mencetak gol jelang babak kedua usai. Roman Yaremchuk melakukan penetrasi di dalam kotak penalti tetapi tendangannya dari sudut sempit belum membahayakan gawang Austria.

Di sisa waktu pertandingan, Ukraina tak kunjung mampu mencetak gol. Hasil ini membuat Austria lolos ke 16 besar mendampingi Belanda yang keluar sebagai juara grup C Euro 2020.

Susunan pemain

Ukraina (4-3-3): Georgiy Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko, Vitaliy Mykolenko; Mykola Shaparenko, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Ruslan Malinovskyi.

Austria (4-3-2-1): Daniel Bachmann; Stefan Lainer, Aleksandar Dragovic, Martin Hinteregger, David Alaba; Xaver Schlager, Florian Grillitsch, Konrad Laimer; Christoph Baumgartner, Marcel Sabitzer; Marko Arnautovic.

(jal/jun)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER