ANALISIS

Portugal vs Prancis: Bisa Apa Ronaldo?

Abdul Susila, CNN Indonesia | Rabu, 23/06/2021 17:42 WIB
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo dihantui catatan buruk saat melawan Prancis dalam laga pamungkas Grup F Euro 2020 (Euro 2021). Cristiano Ronaldo akan berupaya memperbaiki rapor buruk melawan Prancis. (Pool via REUTERS/BERNADETT SZABO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dalam karier kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, duel melawan Prancis adalah momok. Prancis selalu jadi mimpi buruk yang mungkin juga bakal terjadi dalam duel Euro 2020 (Euro 2021) pada Kamis (24/6) dini hari WIB.

Sepanjang 17 tahun perjalanan karier internasional bersama Selecao das Quinas, julukan Portugal, Ronaldo hanya sekali mengalahkan Prancis. Kemenangan itu tercipta dalam laga final Piala Eropa 2016.

Hanya saja, ketika itu peraih lima gelar Ballon d'Or ini cuma tampil 25 menit. Ronaldo tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera setelah berbenturan dengan Dimitri Payet.


Gol Portugal yang mengantar mereka jadi Piala Eropa 2016 juga baru tercipta setelah Ronaldo meninggalkan lapangan. Pahlawan Portugal ketika itu adalah Eder yang membobol gawang Prancis pada masa perpanjangan waktu.

Dalam enam kali duel Portugal vs Prancis pada periode 2006-2020, sejatinya Ronaldo tak sekalipun absen. Les Bleus mengandaskan Portugal 4 kali, sekali imbang, dan hanya sekali kalah.

Sudah begitu, dari 107 gol yang dikumpulkan CR7 bersama Portugal, tak satu pun yang tercipta ke gawang Prancis. Dalam enam pertemuan, Ronaldo hanya bisa menciptakan assist. Prancis jadi satu dari empat negara yang tak pernah dibobol Ronaldo.

Sejak Ronaldo debut bersama Portugal pada 20 Agustus 2003, ada 230 pertandingan yang dijalani Portugal hingga sekarang. Dari jumlah tersebut Ronaldo tampil dalam 177 pertandingan. Negara yang belum pernah dibobol adalah Albania, Brasil, Prancis, dan Inggris.

Fakta lainnya, Ronaldo maksimal melesakkan tiga gol saat tampil di setiap edisi Piala Eropa. Pada edisi 2004 ia mengoleksi dua gol, selanjutnya pada 2008 satu gol, kemudian pada edisi 2012 dan 2016 sama-sama dengan tiga gol.

Banner Euro 2020

Dalam Euro 2020 ini penyerang 36 tahun tersebut sudah mengoleksi tiga gol. Ronaldo melesakkan dua gol ke gawang Hungaria dan satu gol saat dikalahkan Jerman dengan skor 2-4.

Pertanyaannya, akankah rapor maksimal tiga gol dalam satu edisi Piala Henri Delaunay ini akan terlampaui? Apakah mimpi buruk Ronaldo dari Prancis berlanjut dalam laga pemungkas Grup F Euro 2020? Sungguh, tak ada yang mustahil.

[Gambas:Video CNN]

Jika kata 'Prancis' ditempatkan dalam level klub, hasilnya agak berbeda. Bersama Manchester United, Real Madrid, dan Juventus, Ronaldo sudah 12 kali membobol gawang tim asal Prancis. Klub Prancis langganan gol Ronaldo adalah Olympique Lyon yang telah dibobol sebanyak enam kali.

Apalagi kini Portugal punya jajaran gelandang dengan umpan mematikan. Bruno Fernandes mengoleksi 17 assist bersama Manchester United pada musim 2020/2021, juga Bernardo Silva yang menciptakan 9 assist untuk Manchester City. Keduanya bisa menjadi kartu as Portugal.

Portugal Punya Tradisi Lolos Grup

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK