Rekor Ahsan/Hendra vs Lawan di Fase Grup Olimpiade Tokyo

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 17:35 WIB
Ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di Grup D Olimpiade Tokyo 2020. Berikut head to head The Daddies menghadapi lawan di fase grup. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan jadi unggulan kedua di Olimpiade Tokyo 2020. (Arsip PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di Grup D Olimpiade Tokyo 2020. Berikut head to head The Daddies dengan lawan-lawannya di fase grup.

Ahsan/Hendra tergabung di Grup D Olimpiade Tokyo bersama dengan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia, wakil Korea Selatan Choi Solgyu/Seo Seung Jae, dan Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada).

Ahsan/Hendra menjadi unggulan kedua di Olimpiade Tokyo setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Ahsan/Hendra bakal melewati pertarungan cukup sulit di Grup D untuk bisa lolos ke babak perempat final.


Berikut tiga lawan Ahsan/Hendra di Grup D Olimpiade Tokyo:

1. Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Son Wooi Yik bakal menjadi lawan pertama Ahsan/Hendra di fase grup Olimpiade Tokyo 2020.

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan (kiri) dan rekannya Hendra Setiawan mengembalikan kok ke arah lawannya asal China Taipei Lu Ching Yao dan Yang Po Han dalam pertandingan babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020). Ganda putra Indonesia unggulan kedua itu menang dengan skor 21-19 dan 22-20. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption ***Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada laga perdana fase grup Olimpiade Tokyo 2020. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tercatat dari tujuh kali pertemuan, Ahsan/Hendra enam kali menang atas Aaron/Son. Meski begitu, enam kemenangan itu tidak mudah untuk didapatkan pasangan Indonesia karena lima di antaranya harus melalui rubber gim.

Ahsan/Hendra menang di babak pertama BWF World Tour Final 2020 dengan 18-21, 21-17, 21-11. Begitu juga saat menang di final All England 2019 yang harus dilalui dengan tiga gim, 11-21, 21-14, 21-12.

Kemenangan lewat permainan tiga gim juga diraih Ahsan/Hendra atas Aaron/Son pada final Malaysia International Challenge 2018 dengan 21-17, 17-21, 21-19.

Ahsan/Hendra wajib mencuri kemenangan pertama di fase grup untuk memudahkan lolos sebagai juara grup ke perempat final Olimpiade Tokyo.

2. Choi Solgyu/Seo Seung Jae

Ganda Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae bakal menjadi batu rintangan selanjutnya yang bakal dihadapi Ahsan/Hendra di fase grup Olimpiade Tokyo.

Dari empat pertemuan, Ahsan/Hendra tercatat tiga kali kalah dan baru sekali menang. The Daddies kalah di final BWF World Tour 2019, kemudian perempat final Thailand Open 2020, dan kekalahan di fase grup BWF World Tour Final 2020. Satu-satunya kemenangan diraih Ahsan/Hendra pada semifinal BWF World Tour Final 2020 lewat permainan dua gim 23-21, 21-13.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Sepak terjang Seo Seung Jae yang merupakan pemain senior dan telah beberapa kali berganti pasangan mampu membawa Solgyu tampil pada performa terbaiknya. Pertarungan antara Ahsan/Hendra dengan Solgyu/Seung Jae bakal berlangsung ramai karena kedua pasangan bakal ngotot untuk bisa lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo.

3. Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura

Dalam catatan, Ahsan/Hendra belum pernah sekalipun bertemu dengan ganda putra Kanada, Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura. Bahkan, secara ranking BWF, Ahsan/Hendra jauh lebih diunggulkan.

Ho-Shue/Yakura saat ini berada di peringkat ke-32 dunia. Namun, sebagai kuda hitam, keduanya patut diwaspadai bisa membuat kejutan dan menyulitkan langkah Ahsan/Hendra buat lolos fase grup.

Sebab, Ho-Shue/Yakura pernah membuat sulit sekaligus memaksa Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon bermain tiga gim saat jumpa di babak 32 besar All England 2020 dengan skor akhir 21-18, 20-22, 21-14.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK