Perenang Spanyol Kecewa Tak Bisa Menyusui di Olimpiade

jun, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 19:01 WIB
Perenang Spanyol Ona Carbonell kecewa tak bisa membawa bayi yang masih menyusu ke Olimpiade Tokyo 2020. Ilustrasi Olimpiade. (AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perenang Spanyol Ona Carbonell kecewa tak bisa membawa bayi yang masih menyusu ke Olimpiade Tokyo 2020.

Carbonell sudah jauh-jauh hari telah bersurat ke Komite Olimpiade Internasional terkait izin membawa bayinya, Kai, yang baru berusia 11 bulan ke Tokyo. Namun, tak kunjung mendapat jawaban positif.

Sekitar dua pekan lalu, Komite Olimpiade Internasional menyebut Carbonell boleh bepergian dengan putra dan pasangannya selama mengikuti regulasi ketat pemerintah Jepang.


Itu artinya, suami dan bayinya harus menetap di kamar hotel di luar wisma atlet Olimpiade selama gelaran berlangsung. Ia harus pergi ke hotel tersebut jika ingin menyusui buah hatinya.

Carbonell akhirnya memutuskan pergi sendirian ke Tokyo tanpa membawa putranya, Kai. Ia menyebut regulasi yang diberlakukan pemerintah jepang "sangat drastis".

"Ini sangat sulit secara mental dan emosional. Bagi saya menyusui sangat penting," kata Carbonell kepada Washingtonpost.com.

"Kai berusia 11 bulan dan saya ingin terus memberikan air susu ibu kepadanya. Sekitar 20 atau lebih per hari dengan menggunakan pompa susu setiap tiga hingga empat jam per hari adalah pengorbanan yang sangat besar," tambah atlet 31 tahun.

Carbonell mengaku lebih suka keluarganya diizinkan tinggal di wisma atlet Olimpiade tanpa meninggalkan bubble.

"Saya mengerti (pengamanan Covid-19) Jepang karena kita berada di tengah pandemi. Tapi, hal termudah adalah berada di perkampungan atlet karena kita berada dalam satu gelembung," ujar Carbonell.

Juru bicara Olimpiade Tokyo yang dihubungi Washingtonpost.com menegaskan tidak bisa mengubah kebijakan demi kepentingan individu.

"Mengingat Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung selama pandemi, sayangnya kami harus menolak untuk mengizinkan sebagian besar anggota keluarga atau pendamping ikut menemani atlet ke Olimpiade," demikian pernyataan tertulis dari juru bicara Olimpiade.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Ini berarti anak-anak dan pengasuh mereka harus tinggal di penginapan pribadi yang disetujui oleh panitia Olimpiade Tokyo 2020," sambung juru bicara tersebut.

Carbonell sendiri sudah tergabung dengan tim renang Spanyol sejak berusia 14 tahun. Perenang artistik ini pernah meraih medali perak dan perunggu di Olimpiade London.

[Gambas:Video CNN]

(jun/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK