5 Momen Haru di Olimpiade Tokyo 2020

CNN Indonesia | Selasa, 27/07/2021 09:38 WIB
Berikut lima momen haru dari beragam cabang olahraga yang telah memperebutkan medali emas di Olimpiade Tokyo 2020. Hidilyn Diaz mempersembahkan medali emas untuk Filipina di Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/EDGARD GARRIDO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Olimpiade Tokyo 2020 memasuki hari kelima setelah resmi dibuka pada 23 Juli lalu. Berikut lima momen haru dari beragam cabang olahraga yang telah memperebutkan medali emas di Olimpiade kali ini.

Salah satu kisah yang mengharukan muncul saat Filipina meraih medali emas pertama sepanjang sejarah partisipasi mereka. Sejarah itu ditorehkan oleh lifter putri, Hidilyn Diaz usai jadi yang terbaik di kelas 55 kilogram putri.

Selain itu ada cerita sukses perenang berusia 18, Ahmed Hafnaoui, dan atlet anggar asal Hong Kong, Edgar Cheung Ka-long, juga tak kalah menyentuh. Keduanya berhasil membuat kejutan di arena masing-masing meski dalam posisi yang tidak diunggulkan.


Berikut 5 momen haru yang terjadi sampai dengan hari kelima Olimpiade Tokyo 2020:

1. Diaz Raih Emas Pertama Filipina

Filipina mencatat sejarah dengan meraih medali emas pertama di Olimpiade lewat cabang angkat besi yang ditorehkan Hidilyn Diaz pada Olimpiade Tokyo 2020.

Hidilyn Diaz meraih emas pada kelas 55 kg putri usai mengalahkan Liao Qiuyun dari China dan Zulfiya Chinshanlo dari Kazakhstan.

Tangis Diaz pun tak terbendung usai memastikan medali emas jadi miliknya. Dia menangis sebelum kemudian memeluk pelatihnya.

Emas yang diraih Diaz itu jadi yang pertama dalam sejarah keikutsertaan Filipina di Olimpiade. Sejak kali pertama tampil di pesta olahraga empat tahunan ini di Olimpiade Paris 1924, capaian terbaik Filipina hanyalah medali perak.

2. Atlet 13 Tahun Raih Emas

Sejarah juga berhasil diciptakan oleh Nishiya Momiji. Atlet berusia 13 itu melakukannya setelah jadi peraih medali emas putri pertama dari cabang olahraga skateboard di Olimpiade Tokyo 2020.

Tokyo 2020 Olympics - Skateboarding - Women's Street - Medal Ceremony - Ariake Urban Sports Park - Tokyo, Japan - July 26, 2021. Momiji Nishiya of Japan poses with her gold medal during medal ceremony. REUTERS/Lucy NicholsonNishiya Momiji meraih medali emas. (REUTERS/Lucy Nicholson)

Pada final nomor women's street yang berlangsung di Ariake Urban Sports Park, Tokyo, Senin (26/7), Momiji mencatatkan namanya di buku sejarah Olimpiade usai mencatatkan skor 15,26.

Sebelum meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, prestasi terbaik Momiji hanya meraih medali perak. Prestasi itu diukirnya saat menempati posisi runner up dalam kejuaraan dunia skateboarding 2021 di Roma, Italia.

Baca lanjutan artikel ini pada halaman kedua >>>

Perenang 18 Tahun Buat Kejutan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK