Greysia/Apriyani Buat Indonesia Menaruh Harap ke Ganda Putri

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 20:36 WIB
Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil membuat Indonesia menaruh harap pada nomor ganda putri badminton di Olimpiade. Greysia/Apriyani sukses menjejakkan kaki ke babak semifinal Olimpiade. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di antara lima nomor yang ada di cabang olahraga badminton, nomor ganda putri seringkali dianggap ada di baris belakang. Kini seiring Greysia Polii/Apriyani Rahayu lolos semifinal Olimpiade Tokyo, ganda putri ditengok dan diharapkan oleh masyarakat Indonesia.

Dalam sejarah Tim Badminton Indonesia di Olimpiade, nomor ganda putri adalah nomor yang belum pernah menyumbang medali untuk kontingen Indonesia.

Meski nomor ganda putri punya peran penting di balik keberhasilan Indonesia memenangkan dua trofi Piala Uber di era 90-an, belum ada ganda putri Indonesia yang sukses lolos ke semifinal Olimpiade hingga 2016.


Berdasarkan hal tersebut, nomor ganda putri terlihat makin tertinggal dibanding nomor lainnya, bahkan dari nomor ganda campuran yang sebelumnya dianggap nomor buangan dan baru mulai serius diperhatikan sejak era 2000-an.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, batas semifinal Olimpiade akhirnya bisa ditembus oleh Greysia/Apriyani. Dalam duel 100 menit melawan Du Yue/Li Yin Hui, Greysia/Apriyani berhasil meraih kemenangan dengan skor 21-15, 20-22, 21-17.

Keberhasilan menjejakkan kaki di babak semifinal Olimpiade sudah merupakan langkah bersejarah bagi Greysia/Apriyani dan ganda putri Indonesia.

Tokyo 2020 Olympics - Badminton - Women's Doubles - Group Stage - MFS - Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Japan – July 26, 2021.  Greysia Polii of Indonesia and Apriyani Rahayu of Indonesia react during the match against Chloe Birch of Britain and Lauren Smith of Britain. REUTERS/Leonhard FoegerGreysia/Apriyani tampil bagus dalam perjalanan menuju semifinal Olimpiade. (REUTERS/LEONHARD FOEGER)

Namun lebih dari itu, perjuangan belum tuntas bagi Greysia/Apriyani. Sebagai pembawa panji ganda putri, Greysia/Apriyani tentu ingin membuat nama ganda putri Indonesia ada di derajat yang lebih tinggi.

Hal itu bisa diwujudkan oleh Greysia/Apriyani dalam laga semifinal Olimpiade Tokyo lawan Lee So-hee/Shin Seung-chan dari Korea Selatan.

Kemenangan di babak semifinal bakal menggaransi Greysia/Apriyani mempersembahkan medali sekaligus membuka peluang besar merebut medali emas.

Greysia/Apriyani sudah menegaskan bahwa mereka hanya akan berusaha bermain maksimal tanpa terganggu dengan pemikiran macam-macam tentang target medali atau hal-hal bersejarah lainnya.



Pola pikir itu berhasil diterapkan dengan baik oleh Greysia/Apriyani sejauh ini. Melihat empat penampilan Greysia/Apriyani di Olimpiade Tokyo, mereka selalu tampil enerjik dan penuh semangat.

Greysia/Apriyani mengeluarkan segala kemampuan yang mereka miliki di tiap pertandingan dengan membawa pemahaman bahwa laga tersebut bisa jadi laga terakhir mereka di Olimpiade Tokyo.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Lebih Ganas Dalam Menyerang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK