5 Pemain Serba Bisa Timnas Indonesia U-23

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 18:35 WIB
Berikut lima pemain Timnas Indonesia U-23 yang bisa bermain di beberapa posisi berbeda pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Pemain Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam bisa bermain di banyak posisi. (Arsip PSSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Indonesia U-23 akan bermain di babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 pada akhir Oktober mendatang. Berikut lima pemain serba bisa Timnas Indonesia U-23.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong memboyong 30 pemain ke Tajikistan, tempat berlangsungnya Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Dari nama-nama pemain yang dibawa terdapat beberapa nama yang baru saja memperkuat Timnas Indonesia di play off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Para pemain itu yakni Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman, Ernando Ari, Hanis Saghara, hingga Ramai Rumakiek.


Asnawi dkk dikombinasikan dengan pemain-pemain muda yang tampil apik di Liga 1 2021 seperti Beckham Putra Nugraha dan Muhammad Riyandi hingga penggawa Kelantan FC, Natanael Siringo-ringo.

Dalam daftar 30 pemain yang dibawa Shin Tae Yong juga terdapat segelintir pemain yang bisa bermain di beberapa posisi berbeda. Berikut lima pemain serba bisa di Timnas Indonesia U-23:

1. Asnawi Mangkualam

Asnawi jadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-23 yang cakap bermain di empat posisi berbeda. Meski berposisi asli sebagai bek kanan, Asnawi bisa dengan baik berperan sebagai wing back, gelandang bertahan, hingga penyerang sayap.

Kemampuan Asnawi bermain sebagai wing back dan penyerang sayap makin terasah bersama Ansan Greeners. Pemain berusia 22 itu kerap dimainkan di dua posisi tersebut selain tentunya sebagai bek kanan.

Sedangkan posisi gelandang bertahan bisa diperankan dengan baik oleh Asnawi dalam dua pertandingan Timnas Indonesia pada play off Kualifikasi Piala Asia 2023. Asnawi lebih banyak berperan di lini tengah karena diplot sebagai false full back oleh pelatih Shin Tae Yong ketika menyingkirkan Taiwan.

Banner Testimoni

2. Witan Sulaeman

Pemain Lechia Gdansk ini masuk kategori pemain serba bisa lainnya di Timnas Indonesia U-23. Witan bisa beroperasi sebagai gelandang serang maupun penyerang sayap.

Witan sebenarnya berposisi asli sebagai gelandang serang. Namun, belakangan peran itu mulai ditinggalkan dan ia lebih banyak ditugaskan sebagai penyerang sayap di level timnas kelompok umur dan senior maupun klub.

Witan adalah pemain yang memiliki kecepatan, visi permainan bagus, dan insting gol yang cukup baik. Hal itu diperlihatkan Witan saat mencetak gol penutup Timnas Indonesia saat menang 3-0 atas Taiwan pada leg kedua play off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca artikel ini di halaman selanjutnya...

Ronaldo dan Bagus Serba Bisa

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK