3 Masalah Timnas Vietnam Jelang Piala AFF

CNN Indonesia
Selasa, 30 Nov 2021 19:53 WIB
Berikut tiga masalah yang dihadapi timnas Vietnam jelang mempertahankan gelar di Piala AFF 2021 (Piala AFF 2020). Doan Van Hau (kiri) mengalami cedera dan tidak tampil di Piala AFF 2021. (AP Photo/Aaron Favila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Vietnam yang merupakan juara bertahan dan menjadi favorit juara Piala AFF 2021 (Piala AFF 2020) memiliki masalah jelang kejuaraan dua tahunan tersebut. Berikut tiga masalah yang dihadapi Vietnam jelang Piala AFF 2021.

Skuad arahan Park Hang Seo sedang berada dalam performa yang cukup baik. Que Ngoc Hai dan kawan-kawan merupakan satu-satunya kesebelasan asal Asia Tenggara yang tampil dalam fase ketiga kualifikasi Piala Dunia.

Vietnam juga merupakan timnas dengan peringkat terbaik di kawasan ASEAN. Saat ini tim berjuluk The Golden Star itu menduduki posisi ke-99. Thailand, yang selama ini dikenal memiliki tradisi sepak bola yang bagus di Asia Tenggara, menempati peringkat ke-118. Sedangkan skuad Filipina yang didominasi pemain-pemain keturunan menghuni ranking 126.


Kendati demikian, Vietnam juga dihantui masalah-masalah yang bisa memengaruhi performa di Piala AFF bahkan tak mungkin mengancam peluang dalam mengejar gelar ketiga.

Berikut tiga masalah timnas Vietnam jelang Piala AFF 2021:

1. Vietnam kehilangan beberapa pemain penting di Piala AFF tahun ini. Pelatih Hang Seo tak dapat menampilkan pemain-pemain seperti Dang Van Lam, Nguyen Trong Hoang, dan Doan Van Hau.

Tiga pemain tersebut memiliki peran penting ketika Vietnam menjadi juara tiga tahun lalu. Posisi Van Lam tak tergantikan di bawah mistar, sementara Trong Hoang dan Van Hau merupakan sosok vital yang menghuni posisi full back kanan dan kiri.

Trong Hoang yang kini 32 tahun pun harus menunda lebih lama untuk menambah caps sebagai pemain yang paling sering memperkuat timnas Vietnam. Hoang kini mengoleksi 74 penampilan, terpaut sembilan caps dari Le Cong Vinh yang 83 kali main.

Tanpa Van Lam, Vietnam akan mengandalkan kiper senior Bui Tan Truong. Sedangkan Vu Van Thanh atau Ho Tan Tai akan menggantikan tempat Trong Hoang. Di sisi kiri, Nguyen Phong Hong Duy berpeluang jadi deputi dari Van Hau.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

Kondisi Pemain Tak Prima Secara Fisik dan Mental

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER