Thailand Tak Cari Gelar di Piala AFF U-23, Sinyal Indonesia Juara

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 16:52 WIB
Thailand yang mengirimkan tim U-19 ke ajang Piala AFF U-23 hanya sekadar mencari pengalaman bertanding. Timnas Indonesia ketika mengalahkan timnas Thailand di final Piala AFF U-23 2019. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Thailand yang mengirimkan tim U-19 ke ajang Piala AFF U-23 hanya sekadar mencari pengalaman bertanding sehingga membuka peluang bagi Timnas Indonesia U-23 mempertahankan gelar.

Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) sudah memutuskan mengirim skuad U-19 ke Piala AFF U-23 karena agenda tim U-23 yang padat, seperti SEA Games, Piala Asia U-23, dan Asian Games.

Pelatih timnas Thailand U-19, Salvador Valero Garcia, menganggap kesempatan yang diberikan kepada anak asuhnya akan menjadi bekal penting guna mempersiapkan tim menghadapi agenda-agenda lanjutan pada tahun ini.


"Saya melihat ini sebagai kesempatan yang bagus. Untuk mengembangkan pemain di bawah usia 19 bersiap mengikuti turnamen selanjutnya seperti Piala AFF, juga Piala Asia U-19 dan Piala Dunia," ucap Garcia.

"Kami telah bertemu banyak pihak terkait rencana ini dan melihat ke depan. Kami harus berani memberi kesempatan bagi pemain muda. Pengalaman di level internasional, bertemu pemain yang lebih tua. Belajar bagaimana memberi kesempatan membuktikan kemampuan," sambungnya dikutip dari Siamsport.

Garcia pun menekankan kepentingan jangka panjang dan mengesampingkan hasil akhir yang akan didapat. Di sisi lain, Garcia cukup percaya diri dengan kolektivitas tim karena sudah memiliki pengalaman bermain bersama di ajang internasional.

"Terlepas dari hasil memuaskan atau tidak, tentu tujuan dari turnamen ini kami akan fokus pada performa," kata Garcia.

"Para pemain akan dituntut tampil bagus di setiap pertandingan. Kam akan mencoba yang terbaik di bawah tekanan, tetapi kami melihat ini sebagai kesempatan bagi atlet-atlet di tim ini yang sudah bermain bersama sejak usia 14 di Wuhan Cup, China," tambahnya.

Banner Testimoni

Dari dua penyelenggaraan Piala AFF U-23, Thailand mengoleksi satu trofi juara dan sekali menempati posisi runner up.

Dengan kekuatan Thailand yang tidak menurunkan tim U-23, ada potensi bagi negara lain termasuk Timnas Indonesia menjadi juara. Skuad Merah Putih merupakan juara bertahan setelah tiga tahun lalu menundukkan Thailand pada laga final.

Thailand akan berada di Grup C bersama Vietnam dan Singapura. Sementara Timnas Indonesia berada di Grup B dengan Malaysia, Myanmar, dan Laos.

[Gambas:Video CNN]

(nva/rhr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER