Pesan Emosional Ricky Kambuaya untuk Shin Tae Yong di Timnas

CNN Indonesia
Sabtu, 15 Jan 2022 17:27 WIB
Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, mengomentari sosok Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ricky Kambuaya muncul sebagai andalan baru di lini tengah Timnas Indonesia. (AFP/ROSLAN RAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, menilai pola latihan tegas dan disiplin yang diterapkan Shin Tae Yong dibutuhkan pemain sepak bola.

Ricky merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia yang naik daun setelah ajang Piala AFF 2020. Di bawah arahan Shin, Ricky menjadi salah satu pemain yang tidak tergantikan.

Pemain asal Sorong yang dikontrak Persebaya Surabaya itu mengakui Shin sebagai pelatih tegas. Ricky menganggap hal tersebut membuatnya senang menjalani gemblengan mantan pemain Korea Selatan itu.


"Kalau saya pribadi itu ketegasan. Ketegasan coach Shin Tae Yong ini yang saya mau ambil. Soalnya beliau tegas. Orangnya disiplin waktu, disiplin semuanya ya. Saya pikir itu penting, apalagi untuk kita pemain bola yang berkembang begini. Itu sangat penting untuk kita," tutur Ricky mengenai sosok Shin.

"Lihat ketegasan coach Shin Tae Yong, cara latih, soal kita punya stamina yang masih kurang harus ditambah, kemauan jangan sampai menyerah, harus berjuang walaupun sudah sampai titik terendah lah tapi beliau paksa untuk kita harus berusaha berjuang terus. Itu yang saya suka, senangnya di situ," sambungnya dalam sebuah wawancara yang disiarkan kanal YouTube resmi PSSI.

Lantaran cara latihan ala Shin, Ricky pun mengakui muncul kesadaran untuk berjuang sekuat tenaga di lapangan.

Ricky baru mendapat kepercayaan menjadi bagian Timnas Indonesia pada 2021. Selama lebih kurang satu tahun terakhir, Ricky sudah mengantongi 12 caps dan mengoleksi tiga gol.

Kepiawaian Ricky mengawal lini tengah Timnas Indonesia membuat namanya menjadi salah satu pemain yang digadang-gadang bakal bermain di luar negeri.

Ricky tak menampik keinginan bermain di luar negeri, dan sempat menyatakan berharap mendapat tuntunan dari Shin agar bisa bermain di liga asing dalam wawancara usai laga final Piala AFF.

[Gambas:Video CNN]

(nva/nva)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER