Penonton MotoGP Menurun, Gara-gara Rossi dan Marquez Hilang?

CNN Indonesia
Minggu, 14 Agu 2022 19:50 WIB
Jumlah penonton MotoGP terus menurun. Apa yang terjadi, apakah hanya karena sudah tidak ada Valentino Rossi dan Marc Marquez absen? MotoGP 2022 mengalami penurunan penonton seiring dengan Valentino Rossi pensiun. (REUTERS/CIRO DE LUCA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah penonton MotoGP terus menurun di musim 2022, terakhir di MotoGP Inggris 2022. Apa yang terjadi, apakah hanya karena sudah tidak ada Valentino Rossi dan Marc Marquez absen?

Hanya ada 41.002 penonton yang hadir langsung di Sirkuit Silverstone pada balapan MotoGP Inggris 2022, Minggu (7/8). Jumlah itu turun drastis dari musim lalu ketika ada 67.000 penonton hadir di hari H balapan MotoGP Inggris 2021.

Jumlah itu kalah jauh dari ajang F1 GP Inggris yang juga digelar di Sirkuit Silverstone bulan lalu. Dikutip dari Crash, ada 142.000 penonton pada hari H balapan F1 Inggris.

Total ada 401.000 penonton yang hadir di F1 GP Inggris sepanjang tiga hari. Jumlah itu cukup mengejutkan mengingat F1 sempat disebut membosankan ketimbang MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Sementara di MotoGP Inggris 2022 hanya ada 100.400 hadir sepanjang tiga hari.

Lalu apa yang menyebabkan MotoGP terus kehilangan penonton, hingga kini mulai kalah dari F1?

Dorna Sports melalui CEO Carmelo Ezpeleta berulang kali mengatakan MotoGP akan tetap 'jalan' meski Valentino Rossi sudah pensiun. Tapi tidak dipungkiri pensiunnya Rossi, ditambah Marc Marquez absen panjang, menjadi salah satu faktor penting menurunnya jumlah penonton MotoGP.

Banner video highlights MotoGP 2022

Juara dunia balap motor enduro yang juga penggemar MotoGP, Ivan Cervantes, menganggap daya tarik MotoGP berkurang dengan Rossi dan Marquez tidak ada di atas trek.

"MotoGP selalu menarik, tapi dua pembalap hebat hilang: Rossi yang merupakan legenda, dan Marquez yang merupakan pembalap terbaik dalam sejarah. Saya berharap Marquez cempat sembuh, karena kami merindukan dia," ujar Cervantes.

"Dalam hampir tiga tahun terakhir tanpa dia di depan, banyak pembalap yang meraih kemenangan, yang penting bagi merek motor. Kita lihat Joan Mir juara, kemudian Quartararo. Absennya Marquez memberi 'kehidupan' bagi pembalap lain," ucap Cervantes dikutip dari AS.

Rossi pensiun dari MotoGP usai musim 2021. Sementara Marquez lebih banyak absen sejak 2020. Pembalap Repsol Honda itu harus absen panjang di MotoGP 2022 setelah menjalani operasi. Marquez diprediksi baru akan kembali tampil pada Oktober mendatang.

Tapi apakah penurunan jumlah penonton MotoGP hanya karena Rossi dan Marquez menghilang?

Jawabannya: tidak!

Bersambung ke halaman kedua >>>

Harga Tiket Mahal Hingga Jadwal Tak Bersahabat

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER