Eks Pelatih PSM Buat Malaysia Gigit Jari Gagal Juara di Kings Cup

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 12:21 WIB
Timnas Malaysia gagal menjadi juara Kings Cup 2022 setelah kalah dari timnas Tajikistan yang dilatih sosok kesayangan fans PSM Makassar. Petar Segrt melatih Tajikistan sejak Januari 2022. (Getty Images/Pictobank)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Malaysia gagal menjadi juara Kings Cup 2022 setelah kalah dari timnas Tajikistan yang dilatih Petar Segrt, sosok kesayangan fans PSM Makassar.

Pil pahit harus ditelan Harimau Malaya. Setelah menundukkan Thailand, sebagai penyelenggara sekaligus tuan rumah turnamen Kings Cup, Malaysia takluk dari Tajikistan di final melalui adu penalti.

Di deretan bangku cadangan Tajikistan terdapat sosok yang pernah merasakan atmosfer Liga Indonesia.

Segrt adalah pelatih asal Kroasia yang kini berusia 56. Pernah membela beberapa klub non-Bundesliga di Jerman pada era 1980-an hingga 1990-an, Segrt kemudian menjadi pelatih.

Mantan pemain bertahan itu kemudian menjadi asisten pelatih di beberapa klub yang punya nama di Jerman seperti VfL Bochum dan MSV Duisburg.

Segart kemudian melatih klub-klub di Austria dan kemudian menangani timnas Georgia U-21 dan senior. Pada 2010, seiring pendirian Indonesia Premier League (IPL), Segrt merapat ke klub Bali Devata. Setahun berselang Segrt dipinang PSM.

Segrt tak menghasilkan gelar juara bersama PSM, kecuali turnamen Piala Walikota di Ternate dengan mengalahkan Persiter Ternate dan Persebaya Surabaya, namun sosoknya tak dilupakan fans tim Juku Eja karena membuat PSM tak terkalahkan di IPL.

Selain itu gaya main PSM pun mendapat apresiasi dari suporter. Penampilan PSM yang apik pun membuat beberapa pemain dari Skuad Ramang dilirik Timnas Indonesia, seperti Rasyid Bakrie dan M Rahmat.

Segrt yang mendapat kontrak lima tahun menangani PSM tiba-tiba mundur di tengah jalan, tepatnya pada 2014.

Keputusan Segrt mundur sempat menimbulkan protes dari suporter, namun kemudian dengan ikhlas para pendukung PSM pun merelakan kepergian Segrt.

Banner live streaming MotoGP 2022

Langkah Segrt kemudian menuju sebuah klub di Bosnia Herzegovina. Dalam tujuh tahun terakhir karier Segrt lebih banyak di level tim nasional bersama Afghanistan, Maladewa, dan Tajikistan.

Segrt meraih hasil yang cukup membanggakan bersama tiga negara tersebut, yakni mengantar Afghanistan ke Piala Asia dan menjadi finalis Piala Asia Selatan, sementara bersama Maladewa Segrt meraih gelar juara Piala Asia Selatan. Bersama Tajikistan Segrt bakal kembali tampil di Piala Asia tahun depan.

[Gambas:Video CNN]



(nva/jal)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER