Mimpi PSSI Jajal Kekuatan Brasil hingga Paraguay Usai Curacao

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 18:15 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ingin Timnas Indonesia berhadapan dengan tim-tim 50 besar dunia dalam agenda FIFA Matchday berikutnya. Timnas Indonesia bidik lawan 50 besar dunia di FIFA Matchday berikutnya. (CNN Indonesia/Abdul Susila)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ingin Timnas Indonesia berhadapan dengan tim-tim 50 besar dunia dalam agenda FIFA Matchday berikutnya.

Mengacu kalender internasional yang telah dirilis FIFA, pertandingan uji coba negara-negara pada 2023 dimulai pada 20-28 Maret. Artinya PSSI punya waktu lima bulan untuk mencari lawan.

Dalam lima tahun terakhir atau setelah PSSI bebas dari sanksi FIFA lawan terbaik yang pernah dihadapi adalah Islandia. Itu terjadi pada 14 Januari 2018 di Jakarta.

Iriawan mengatakan, setelah melawan Curacao yang adalah tim penghuni peringkat ke-84, lawan yang kini diburu adalah 50 besar. Ini bukan perkara mudah tetapi PSSI percaya diri.

"Rencana kami ada agen kami yang akan mencari tim ranking-ranking 50. Supaya anak-anak [pemain Timnas Indonesia] lebih mendapat banyak pengalaman," kata Iriawan.

Berdasarkan ranking terkini FIFA, lawan yang mungkin dihadapi adalah tim dari mulai Brasil (peringkat satu dunia) hingga Paraguay (tim penghuni peringkat ke-50).

Banner live streaming MotoGP 2022

Dari 50 negara kuat FIFA tersebut, perwakilan Benua Asia ada lima. Kelima negara itu adalah Iran (22), Jepang (24), Korea Selatan (28), Australia (39), dan Qatar (48).

Negara-negara Afrika pun berpeluang menjadi lawan tanding. Ada delapan tim Afrika di 50 besar FIFA, yakni Senegal, Maroko, Tunisia, Nigeria, Kamerun, Mesin, Aljazair, dan Mali.

Akankah hal itu terwujud? Jika Timnas Indonesia bisa meraih gelar Piala AFF 2022, kans itu cukup terbuka. Status juara ASEAN bisa menjadi nilai tawar ke tim 50 besar peringkat FIFA.



(abs/rhr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER