Syarat Maguire Tersingkir dari Timnas Inggris: Situasi Ekstrem

CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2022 18:41 WIB
Pelatih Gareth Southgate menyebut hanya satu syarat yang bisa membuat Harry Maguire tersingkir dari timnas Inggris jelang Piala Dunia 2022 di Qatar. Harry Maguire masih mendapat kepercayaan dari Gareth Southgate jelang Piala Dunia 2022. (REUTERS/HANNAH MCKAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih Gareth Southgate menyebut hanya satu syarat yang bisa membuat Harry Maguire tersingkir dari timnas Inggris jelang Piala Dunia 2022 di Qatar.

Harry Maguire lagi-lagi jadi sorotan. Bek Manchester United itu membuat dua blunder yang berujung dua gol Jerman di UEFA Nations League, Selasa (27/9) dini hari WIB.

Meski demikian Southgate tetap memberikan dukungan kepada Maguire usai pertandingan. Pelatih 52 tahun itu juga mengungkapkan satu-satunya situasi yang bisa membuat Maguire terdepak dari The Three Lions.

"Saya pikir pada saat-saat ini kami harus mendukung pemain terbaik dan paling berpengalaman kami, kecuali kami berada dalam situasi di mana hampir tidak bisa dipertahankan dan tidak mungkin untuk memilih mereka," ujar Southgate dikutip dari Mirror.

Lewat komentar tersebut, Southgate mengindikasikan akan terus percaya kepada Maguire di posisi jantung pertahanan Inggris jelang Piala Dunia 2022. Menurut laporan Metro, kondisi yang dijelaskan Southgate itu adalah situasi ekstrem di timnas Inggris.

Duel Inggris vs Jerman di UEFA Nations League di Stadion Wembley berujung hasil imbang 3-3. Tim tamu unggul 2-0 lebih dahulu lewat penalti Ilkay Gundogan dan Kai Havertz, sebelum disamakan Luke Shaw dan Mason Mount.

Inggris berbalik unggul lewat penalti Harry Kane, namun Jerman membuyarkan kemenangan Inggris berkat gol kedua Havertz.

Dua gol keunggulan Jerman itu tidak lain karena blunder Maguire. Kapten MU itu salah oper sehingga direbut Jamal Musiala. Sesaat kemudian Maguire melanggar Musiala yang berujung penalti.

Kedua Maguire terlalu berani menggiring dan lama memegang bola di pertahanan Jerman. Bola itu direbut dan berubah jadi serangan balik cepat untuk tim tamu.

"Saya tahu semua orang akan fokus pada Harry tetapi ada beberapa momen yang sangat penting yang disampaikan Harry selama dua pertandingan," ucap Southgate.

"Luke Shaw adalah contoh lain dari seseorang [yang memberikan momen], dia pesepakbola yang luar biasa. Jadi apa yang kita lakukan? Tidak memilih Luke Shaw karena dia tidak cukup bermain sepak bola atau kita memilih pemain yang bisa melakukan apa yang kita lihat malam ini?" kata Southgate melanjutkan.

[Gambas:Video CNN]



(sry/rhr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER