Advertorial

Rahasia Charging Cepat dan Aman OPPO

Advertorial, CNN Indonesia | Senin, 27/10/2014 00:00 WIB
Rahasia Charging Cepat dan Aman OPPO
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak OPPO Find 7 diluncurkan, teknologi VOOC Rapid Charge turut diperkenalkan ke masyarakat. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara kerja teknologi charging cepat ini. Pasalnya, VOOC Rapid Charge mampu mengisi daya baterai smartphone OPPO 4x lebih cepat. Apakah keamanannya terjamin?

Ternyata OPPO tidak sekedar mengoptimalkan adaptor, namun mendesain ulang konsep pengisian daya. Untuk Find 7 yang baterainya berkapasitas 3000 mAh, OPPO meningkatkan arus listrik untuk mempercepat pengisian daya baterai. Sehingga dari level 0% ke level 90% hanya butuh waktu sekitar 40 menit.

Kemudian 10% sisanya akan diisi perlahan-lahan, memberikan jeda waktu atau pengereman bertahap untuk menjamin keamanan. Ini merupakan solusi yang lebih terkendali dibanding meningkatkan tegangan listrik. Selain itu OPPO juga mendesain ulang sirkuit pengisian daya dan semua komponen seperti kabel data 7 pin, sel baterai 8 port dan Smart Adapter.


Dinamakan Smart Adapter karena di dalamnya ada software Smart Controlling yang setiap saat melindungi sirkuit pengisian daya untuk mencegah timbulnya tegangan tinggi. Smart Adapter juga terintegrasi chip MCU (Micro Controller Unit) yang mengendalikan proses pengisian daya dengan melakukan proteksi pada adaptor, pin USB dan port baterai.

Chip MCU akan menentukan apakah tegangan arus listrik yang disalurkan ke USB sudah aman untuk mengaktifkan pengisian cepat. Selain itu ada proteksi tambahan pemutus tegangan untuk menjamin keamanan sepenuhnya. Jika terjadi kondisi abnormal, pengisian daya akan langsung dihentikan.

Ini untuk mengantisipasi kasus overload yang menyebabkan port hangus, baterai kembung atau terbakar. Selain itu, chip MCU juga menggantikan pengendali tegangan listrik pada charger konvensional. Pengendali tegangan listrik menyebabkan baterai cepat panas saat charging. Namun dengan VOOC Rapid Charge hal ini tidak akan terjadi.

Anda juga tidak perlu khawatir baterai cepat habis karena VOOC Rapid Charge menggunakan sel baterai rakitan khusus. Pengisian cepat tidak akan berpengaruh pada pelepasan daya baterai. Siklus umur baterai juga sama dengan umur baterai smartphone biasa.

Bisa dibilang indeks keamanan VOOC Rapid Charge setara dengan tingkat keamanan charging perangkat ruang angkasa DPM (Defect Per Million). Semuanya ini tidak dihasilkan dengan mudah dan murah. OPPO menghabiskan waktu 3 tahun untuk proses riset dan pengembangan teknologi VOOC Rapid Charge.

Biaya investasi untuk mengembangkan teknologi VOOC Rapid Charge cukup besar namun sangat layak dan pantas. OPPO berhasil menghasilkan teknologi charging terbaik dengan 16 hak paten teknikal baru yang akan mengubah gaya hidup Anda dalam menggunakan smartphone.

Tidak perlu khawatir dan bergantung pada power bank saat Anda lupa men-charge OPPO Find 7. Hanya butuh 30 menit, baterai akan terisi hingga 75% dan bisa bertahan menemani aktivitas Anda seharian. Sekarang waktunya beralih ke solusi charging pintar yang cepat dan aman bersama OPPO VOOC Rapid Charge.