iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Resmi Dijual di Indonesia

Gito Yudha Pratomo, CNN Indonesia | Jumat, 06/02/2015 11:31 WIB
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Resmi Dijual di Indonesia Ponsel pintar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dari Apple. (Reuters/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua ponsel pintar terbaru dari Apple, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, akhirnya resmi masuk pasar Indonesia pada Jumat (6/2) setelah diluncurkan secara global pada September 2014. Kedua produk tersebut masuk pasar Indonesia lewat mitra distributor, antara lain Erajaya Swasembada dan Trikomsel Oke.

iPhone 6 merupakan langkah besar Apple dalam membuat ponsel pintar layar besar 4,7 inci yang selama ini telah dinantikan pasar, sementara iPhone 6 Plus menjadi ponsel layar jumbo pertama Apple sebesar 5,5 inci.
"Hari ini kita resmi meluncurkan iphone 6 di Indonesia. Kita gandeng operator untuk beri pelayanan pada pelanggan dalam bentuk cashback, paket data, bonus, dan lain-lain,” kata Director Marcomm dan Sekretaris Perusahaan Erajaya, Djatmiko Wardoyo. Dalam peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Mall Taman Anggrek, Jumat (6/2).

Kedua ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan memori internal, yaitu 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. iPhone 6 akan dijual mulai Rp 10.799.000 untuk versi memori internal 16 GB, sementara iPhone 6 Plus dijual mulai Rp 12.399.000 untuk versi 16 GB.


Dari sisi peranti keras, kedua iPhone baru ini dibekali prosesor A8 dengan kemampuan proses 64-bit yang diklaim 25 persen lebih cepat dari prosesor A7 pada iPhone 5s. Ada pula unit prosesor grafis M8 generasi kedua.

Ia dibekali dengan sensor sidik jari pada tombol Home yang disebut TouchID untuk membuka kunci layar atau mengakses akun Apple ID. Tombol ini juga bisa dipakai untuk mengonfirmasi pembayaran online karena dua iPhone baru telah disertai komponen cip near field communication (NFC).

Keduanya telah disematkan sistem operasi iOS 8 yang di dalamnya ada aplikasi HealthKit untuk memantau denyut nadi, tekanan darah, berat badan, dan hal lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Tiga operator seluler besar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata, mengatakan akan turut menjual kedua ponsel pintar ini yang dibundel dengan layanan seluler dan data (internet).


(adt/eno)