Power Bank Diisi Penuh tapi Cepat Habis? Ini Penjelasannya

Susetyo Dwi Prihadi , CNN Indonesia | Selasa, 17/03/2015 13:53 WIB
Power Bank Diisi Penuh tapi Cepat Habis? Ini Penjelasannya
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak diragukan lagi bahwa power bank menjadi salah satu inovasi paling keren untuk menyelamatkan ponsel ketika dalam kondisi baterai kritis. Power bank yang beredar di pasar pun beragam kapasitasnya, mulai dari 2.000 miliamp hours (mAh), 3.000 mAh hingga 10.000 mAh. Namun ada salah kaprah soal besaran kapasitas baterai di power bank.

Banyak konsumen mengira, bila mempunyai ponsel dengan kapasitas baterai 2.000 mAh lalu membeli power bank dengan kapasitas 10.000 mAh, maka pengguna dapat melakukan isi ulang dengan kondisi baterai ponsel penuh hingga lima kali. Itu salah.

Di dalam satu buah perangkat power bank, terdapat dua komponen penting yakni baterai untuk menyimpan muatan dan sirkuit untuk mengendalikan proses pengisian. Artinya, akan ada beberapa baterai untuk power bank dengan kapasitas 10.000 mAh.

Tapi tahukah, power bank memiliki tegangan listrik konstan dengan standar sebesar 5 volts untuk melakukan pengisian ulang. Sementara tidak demikian dengan perangkat mobile. Karena ponsel justru tak memiliki tegangan listrik secara konstan atau tidak stabil, dengan rata-rata tegangan paling tinggi 4,3 volts dan terendah 3.0 volts.

Seperti dikutip dari Phone Arena, tegangan di ponsel itu kebanyakan hanya berada di titik 3,7 volts atau masih jauh dari pengisian tegangan konstan power bank (5.0 volts). Akibat perbedaan ini, ada daya yang terbuang mencapai sepuluh persen.

Tidak hanya itu saja, suhu, arus listrik dan kualitas dari power bank itu sendiri memberikan kontribusi terhadap daya baterai yang terbuang percuma, dengan potensi kehilangan mencapai 20 persen.

Singkatnya seperti ini, untuk power bank dengan kapasitas 10.000 mAh hanya dapat mengisi baterai ponsel dalam keadaan penuh sebanyak tiga kali saja dan tidak lebih.

Untuk itulah, mengapa pengguna power bank sangat disarankan melihat kapasitasnya 20 persen sampai 30 persen dari kapasitas baterai ponsel. Bila ingin melakukan pengisian baterai sebanyak lima kali di ponsel 2.000 mAh maka power bank yang dibutuhkan adalah dengan kapasitas 13.000 mAh atau lebih.