Peta Digital Nokia Here Ditaksir Banyak Perusahaan Besar

Aditya Panji | CNN Indonesia
Senin, 25 May 2015 06:59 WIB
Setidaknya, ada tiga konsorsium dari sejumlah perusahaan besar yang tertarik untuk mengakuisisi aplikasi peta digital Here dari Nokia. Rencana Nokia menjual aplikasi peta digital Here disambut oleh sejumlah perusahaan besar yang rela membayarnya dengan harga tinggi. (Hermann/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi peta digital Here buatan Nokia ternyata diincar banyak perusahaan besar untuk diakuisisi. Setidaknya, ada tiga konsorsium dari sejumlah perusahaan besar yang tertarik untuk mengakuisisinya.

Seorang sumber yang dekat dengan rencana ini mengatakan kepada Reuters, bahwa kelompok konsorsium pertama diisi oleh produsen mobil mewah asal Jerman, lalu konsorsium Uber dan Baidu, serta kelompok ketiga termasuk Tencent dan NavInfo.

Ketiga produsen mobil itu adalah Daimler, BMW, dan Volkswagen, dan Audi. Mereka bekerjasama dengan perusahaan ekuitas swasta General Atlantic untuk membentuk apa yang disebut "konsorsium industri." Mereka telah menyiapkan dana 700 juta euro untuk mengakuisisi Here, dan tidak lebih dari 1 miliar euro.


Baca juga: Uber Tawar Pesaing Google Maps Rp 39 Triliun

Petinggi divisi penelitian dan pengembangan Audi, Ulrich Hackenberg mengatakan, konsorsium ini bisa diperluas untuk memasukkan lebih banyak produsen mobil.

"Ada banyak kemungkinan, itu masih terlalu dini," kata Hackenberg kepada Reuters.

Kelompok lain yang juga mengincar Here adalah perusahaan media Internet, Tencent, pembuat peta digital NavInfo. Dua perusahaan asal Tiongkok ini didukung oleh EQT Partners AB.

Perusahaan ekuitas swasta Apax telah bergabung dengan konsorsium yang diisi perusahaan penyedia jaringan transportasi Uber asal Amerika Serikat, dan perusahaan mesin pencari Baidu asal Tiongkok.

Rencana Nokia untuk menjual Here diumumkan setelah perusahaan yang berbasis di Finlandia itu mengakuisisi seluruh saham milik Alcatel-Lucent. Nokia ingin memperkuat bisnis utamanya di bidang infrastruktr telekomunikasi jaringan tetap dan nirkabel.

Nokia sendiri mengaku tidak terburu-buru untuk menjual Here. (adt/adt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER