Terekam, Ikan Gergaji Lahir dari Induk 'Perawan'

Deddy S, CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2015 12:37 WIB
Terekam, Ikan Gergaji Lahir dari Induk 'Perawan' Ikan gergaji (Dok.Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ilmuwan dari Florida telah mendokumentasikan lahirnya ikan gergaji tanpa perkawinan, alias lahir dari induk yang ‘perawan’.

Ikan gergaji termasuk ikan yang terancam populasinya. Spesies ini nyaris punah akibat penangkapan berlebihan dan kerusakan habitat.

Menurut ilmuwan, seperti dilansir Reuters, Selasa (2/6), ini kali pertama fenomena bernama parthenogenesis itu terekam pada makhluk bertulang belakang di alam.


Ikan gergaji betina rupanya telah mengembangkan sistem reproduksi aseksual karena sedikitnya populasi ikan gergaji jantan.

“Ada beberapa kasus pada reptil, burung, dan hiu ‘perawan’ yang melahirkan,” kata Andrew Fields, ahli biologi kelautan dari Universitas Stony Brook. Menurut Fields, fakta ini menimbulkan tanda tanya, seberapa umum cara reproduksi semacam itu terjadi di alam.

Pada parthenogenesis, sel telur betina bisa berkembang menjadi bayi tanpa perlu dibuahi oleh sel sperma jantan.

Dalam membuat sebuah sel telur, sebuah sel membelah diri menjadi empat sel. Satu menjadi sel telur dan berisikan struktur sel kunci dan sitoplasma yang seperti gel. Sedang tiga lagi memegang material genetika tambahan.

Nah, pada parthenogenesis, salah satu sel itu bertindak seperti sel sperma dan membuahi sel telur. Proses ini bisa dideteksi melalui tes genetika.

“Ini sungguh mengejutkan kami,” kata Kevin Feldheim, manager di Pritzker Laboratory untuk Sistematika Molekular dan Evolusi di Museum Field Chicago.

“Mungkin karena jumlah mereka sangat kecil sehingga betina sulit menemukan pasangan. Dalam situasi itu, parthenogenesis digunakan sebagai jalan terakhir untuk meneruskan keturunan,” kata Feldheim lagi.

Ikan gergaji lahir dan hidup selama tiga tahun di muara barat daya Florida sebelum berenang ke habitatnya di lautan.

Ahli biologi dari Komisi Konservasi Ikan dan Alam Liar Florida, Gregg Poulakis mengatakan, ikan gergaji itu datang dari sungai Peace dan Caloosahatchee, yang bermuara di Pelabuhan Charlotte.

Ikan gergaji memiliki bentuk tubuh seperti hiu dengan moncong panjang berisi gigi-gigi di sampingnya, seperti gergaji. Tubuhnya bisa mencapai panjang 5,5 meter.