Hewan Ini Melakukan 'Pesta' Seks Sampai Mati

Deddy S, CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2015 10:25 WIB
Hewan Ini Melakukan 'Pesta' Seks Sampai Mati Marsupial dari spesies Antechinus swainsonii (Dok. common.wikimedia.org)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di puncak pegunungan di tenggara Queensland di Australia romansa itu berakhir tragis. Sekelompok marsupial melakukan ‘pesta’ seks sampai si pejantan ‘tangguh’ mati.

Perilaku seks sampai mati ini direkam oleh peneliti dari Universitas Teknologi Queensland. Pejantan di kelompok marsupial bernama latin Antechinus swainsonii itu kawin dengan sebanyak mungkin betina, sebelum akhirnya mati karena stres.

“Masa pembuahan ini pada dasarnya berupa kencan kilat selama dua sampai tiga pekan,” kata peneliti Andrew Baker, kemarin.


Baker mengatakan, seekor pejantan yang penuh dengan hormon testosteron akan berkencan dengan sebanyak mungkin betina dalam waktu 14 jam. Proses itu berulang lagi selama periode dua sampai tiga pekan.

Masalahnya, testosteron justru memicu stres yang kemudian membuat sistem kekebalan tubuh si pejantan menurun.

Bulunya rontok, terjadi pendarahan dalam, lalu timbul borok di tubuhnya. Dalam kondisi tubuh seperti itu, marsupial ini terus bercinta sampai mati.

Baker dan koleganya telah menemukan dua spesies baru marsupial yang memiliki nama famili Antechinus itu. Kedua spesies baru itu diberi nama Antechinus vandycki dan Antechinus mimetes.

Dengan perilaku kawin yang aneh itu, tak heran kalau populasi marsupial, yang wujudnya seperti tikus itu, kian terancam punah. Ini pun didorong oleh makin rusaknya habitat mereka lantaran perubahan iklim dan penebangan pohon liar. (ded/ded)