Remaja 15 Tahun Temukan Planet Baru di Antariksa

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Sabtu, 13/06/2015 13:31 WIB
Remaja 15 Tahun Temukan Planet Baru di Antariksa Tom Wagg, remaja yang berhasil menemukan planet baru (Dok. Keele University via CNN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Remaja 15 tahun asal Inggris mengklaim berhasil menemukan planet baru yang letaknya dekat dengan bintang di luar angkasa.

Tom Wagg sedang menjalani program magang di Keele University di Inggris. Kala itu, ia mengamati data yang dikumpulkan oleh proyek Wide Angle Search for Planets (WASP) yang memindai jutaan bintang di malam hari untuk mencari "transit", yaitu momen sebuah planet melintasi di depan bintang yang terlihat dari Bumi.


Wagg pun menyadari adanya titik kecil di sinar bintang, yang berarti ada sebuah planet sedang melintasi di depannya. Padahal sebelum pengamatan Wagg, belum pernah ada yang melihatnya.


"Saya sangat bersemangat karena berhasil menemukan planet baru," kata Wagg, seperti dikutip dari kantor berita CNN.

Planet baru itu diberi nama katalog WASP-142b. Nomor tersebut menandakan planet tersebut adalah temuan ke-142 dari kolaborasi proyek WASP sendiri.

Setelah observasi, planet WASP-142b tidak bisa terlihat oleh mata telanjang dari Bumi. Lokasinya sekitar 1.000 tahun cahaya dan ukurannya sama dengan Jupiter, sehingga bisa dikatakan planet baru ini tergolong raksasa. Planet WASP-142b ini mengorbit bintangnya hanya dua hari.

Para astronom di University of Geneva dan University of Liege mengkonfirmasi bahwa dilihat dari ukuran dan massanya, WASP-142b bisa diindentifikasi sebagai planet. Kabarnya pihak universitas akan mengusung kompetisi untuk pemberian nama yang layak.

Wagg sendiri mengaku tertarik menjalani program magang di Keele University karena kampus itu memiliki tim penelitian yang mempelajari khusus tentang planet-planet yang hidup di sekitar bintang selain Matahari, atau eksoplanet.

(eno)