Siang di Planet Pluto Seperti Magrib di Jakarta

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2015 11:35 WIB
Siang di Planet Pluto Seperti Magrib di Jakarta NASA membuat simulasi seperti apa suasa terik di planet Pluto (reutersEnrique Castro-Mendivil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjelajah Pluto, New Horizons dari NASA dalam hitungan jam bakal berada di orbit terdekatnya dengan sang planet kerdil. Sudah banyak temuan baru mengenai Pluto, dari mulai warna hingga ukurannya. Namun, bagaimana soal tingkat kecerahan di Pluto mengingat letaknya paling jauh dari Matahari?

Cahaya Matahari yang sampai di Pluto tentu lebih lemah dari Bumi. Letaknya yang miliaran kilometer dari Matahari, tak heran banyak yang beranggapan bahwa Pluto adalah planet gelap. Nyatanya tidak.


NASA melalui laman situsnya yang khusus membahas soal sistem tata surya mengatakan, saat menjelang fajar dan senja tiap hari di Bumi, tingkatan kecerahannya ternyata sesuai dengan waktu siang hari di Pluto. NASA menamakannya Pluto Time.


NASA kemudian mengimbau masyarakat untuk ke luar rumah saat menjelang fajar atau senja apabila penasaran mengenai seberapa terang waktu siang hari di Pluto.

"Dunia di sekitar Anda akan sama terangnya dengan permukaan di Pluto pada siang hari," tulis NASA. (Baca juga: Planet Pluto Tak Sekecil yang Diperkirakan)

Melalui tautan https://solarsystem.nasa.gov/plutotime/, NASA memberikan kesempatan siapapun untuk memasukan lokasi Pluto Time masing-masing. Bisa dari informasi letak garis lintang dan garis bujur ataupun langsung mengetik tempat lokasi untuk bisa mendapat kode geografis. Setelah itu, NASA akan memberi informasi kapan waktu Pluto Time yang tepat di lokasi kita.

Contoh, CNN Indonesia memasukan lokasi "Jakarta, Indonesia", kemudian langsung diberi tahu Pluto Time wilayah Jakarta adalah setelah matahari terbenam sekitar pukul 17.55 WIB.



Berikut video kumpulan foto dari orang-orang membagikan waktu Pluto mereka di lokasi masing-masing dari seluruh penjuru dunia. Foto-foto tersebut bisa diunggah di jejaring sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan Vine dengan tagar #PlutoTime.

[Gambas:Youtube]

Temuan terbaru dari New Horizons adalah ternyata Pluto memiliki diameter 1,473 mil dan menurut pihak mereka, "agak lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya."

Sebelumnya juga, New Horizons berhasil mengungkap warna asli dari Planet Pluto yang selama ini salah diterka oleh banyak orang. Ternyata, Pluto berwarna merah berpasir.

Saat New Horizons berada di fase terdekatnya dengan Pluto yang dijadwalkan pada 14 Juli ini, ia diharapkan bisa menjawab pertanyaan fundamental tentang planet kontroversial Pluto dan menjelaskan kehidupan awal dari Bumi. New Horizons juga diberi tugas untuk mengirimkan foto-foto Pluto yang diambil secara dekat.



(eno)




BACA JUGA