Ucapkan Lebaran Pakai Pesan Instan, SMS dan Telepon Dilupakan

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 20/07/2015 13:14 WIB
Ucapkan Lebaran Pakai Pesan Instan, SMS dan Telepon Dilupakan Ilustrasi pengguna berkirim pesan dengan aplikasi pesan instan. (Dok. Death to The Stock Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Trafik seluler perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengalami pertumbuhan pesat pada layanan Internet selama momen Lebaran tahun 2015, dan mengalami penurunan signifikan pada layanan telepon dan pesan teks (SMS).

Peralihan kebiasaan para pelanggan tersebut diyakini berangkat dari kehadiran layanan pesan instan dan media sosial yang lebih sering mereka gunakan untuk berkomunikasi pada saat Hari Raya Idul Fitri ketimbang layanan pesan SMS dan telepon.

Dari pernyataan yang diterima CNN Indonesia, XL menyatakan trafik layanan data mengalami peningkatan sebesar 11 persen yang dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri. Kemudian pada hari H momen Lebaran trafik meningkat 41 persen dibanding saat perayaan Lebaran 2014 lalu.


Baca juga: Data Jadi Primadona di Hari Lebaran

Dibanding trafik pemakaian pada hari-hari biasa, XL mencatat penurunan penggunaan layanan telepon sebesar 35 persen. Kemudian untuk layanan SMS juga anjlok sebesar 40 persen.

Data pelanggan ini menunjukkan layanan komunikasi 'tradisional' seperti voice atau telepon dan SMS sudah mulai 'ditinggalkan' oleh para konsumen dalam mengucapkan "Selamat Lebaran," karena tren macam ini sudah terjadi 3 tahun terakhir di XL.

Selain itu, XL turut memantau ada sekitar 26 persen pelanggan di wilayah Jabodetabek 'bermigrasi' ke luar kota saat menjelang Lebaran. Perpindahan lokasi tersebut tercatat paling tinggi menuju ke Jawa Tengah. Kawasan Tegal menjadi yang tertinggi, yaitu 65 persen.

Sementara kenaikan tertinggi di Jawa Timur terjadi di Madura yang mencapai 300 persen, sementara di Jawa Barat dan Banten tumbuh antara 30 sampai 40 persen, terutama Sukabumi, Tasikmalaya, Pandeglang dan Cilegon.

Area Bukit Tinggi di Sumatera juga tak mau kalah yaitu peningkatannya mencapai 80 persen. Adapun Pontianak yang mencetak pertumbuhan trafik sebanyak 25 persen dan 80 persen terjadi di Selong, Lombok.

Ongki Kurniawan selaku Direktur Service Management XL mengatakan bahwa perusahaan telah berusaha secara maksimal dalam sistem pemantauan jaringan dan layanan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di hari-hari menjelang perayaan Idul Fitri.

"Kelancaran ini tidak terlepas dari keseriusan seluruh tim XL, termasuk juga dengan menerapkan sejumlah perangkat canggih dalam sistem pemantauan jaringan di seluruh wilayah layanan, yang didukung juga oleh kehandalan jaringan dan sistem billing yang telah kami persiapkan untuk menerima peningkatan trafik selama Ramadan dan Lebaran," ujar Ongki. (adt)