4G LTE 1.800 MHz Telkomsel Pertama Kali Sambangi Makassar

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2015 15:00 WIB
4G LTE 1.800 MHz Telkomsel Pertama Kali Sambangi Makassar Petugas memeriksa jaringan base transceiver station (BTS) milik Telkomsel. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Telkomsel memilih Makassar sebagai kota pertama yang dapat menikmati layanan 4G LTE dengan spektrum 1.800 MHz pada Senin (6/7), sekaligus menandai keseriusan perusahaan membangun infrastruktur telekomunikasi di kawasan timur Indonesia.

Perusahaan mencatat Makassar mengalami pertumbuhan pesat dari sisi konsumsi data (Internet) yang selama semester pertama 2015 tumbuh sebesar 166 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Dalam beberapa tahun terakhir kami melihat adanya tren peningkatan konsumsi data kebutuhan akan akses data yang lebih cepat di Makassar, dan untuk itu kami menjawabnya dengan layanan 4G LTE yang dapat diandalkan," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, seperti dikutip dari Detikcom.


Di kawasan ini Telkomsel membangun 150 BTS yang mendukung 4G LTE di lokasi strategis seperti bandara, universitas, pusat perbelanjaan, Pantai Losari, dan pusat keramaian lain.

Sebelumnya Telkomsel menggelar 4G LTE di spektrum 900 MHz dan telah komersial di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali, dan meraih 600 ribu pelanggan per Mei 2015.

Selain Telkomsel, pada hari ini ada tiga operator lain yang juga meluncurkan 4G LTE di spektrum 1.800 MHz. Indosat meluncurkan di Balikpapan, XL Axiata di Lombok, dan Tri di Banjarmasin.

Satu-satunya operator CDMA yang masih bertahan, Smartfren, meluncurkan layanan 4G LTE di Batam memanfaatkan spektrum 850 MHz. Anak usaha Sinar Mas ini juga akan memanfaatkan 2.300 MHz untuk 4G LTE untuk memberi layanan optimal dan bersaing dengan operator berlisensi GSM. (adt)