Menkominfo Minta Perbankan Sinergi dengan Operator

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 19/10/2015 18:00 WIB
Menkominfo Minta Perbankan Sinergi dengan Operator Ilustrasi (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mencatat jumlah pemilik rekening bank tak sebanyak pengguna telekomunikasi. Seharusnya, kata dia, kedua industri bisa saling bekerjasama.

"Saya pernah bilang, pelanggan telekomunikasi itu antara 150 juta sampai 170 juta pelanggan. Sementara jumlah rekening bank itu 60 juta sampai 70 juta, mungkin satu orang ada yang punya lebih dari satu rekening bank. Ini gap yang banyak," kata Rudiantara.

Dia memahami permasalahan antara pelaku telekomunikasi dan perbankan sudah terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Pangkal permasalahannya, kata Rudiantara "Nanti siapa pemilik (nasabahanya)."


"Kalau sudah begini, ujung-ujungnya itu bisnis. Saya minta, sudahlah mereka duduk bareng saja. Ini ada masyarakat mau menggunakan jasa keuangan. Kalau tarik-menarik begini tidak bisa dieksekusi," tambahnya.

Menkominfo juga meminta baik dari kalangan operator maupun perbankan bisa mendorong agar program non-tunai di masyarakat bisa digunakan lebih luas lagi. Salah satunya mengenai uang elektronik.

Baginya antara perbankan dan telekomunikasi tak perlu lagi saling tunggu."Saya bilang juga waktu itu, kalau memang ada bank yang mau bekerjasama, sudah terima saja. Tidak usah saling tarik-menarik lagi." (tyo/eno)