Samsung Masih Kepincut Buat Ponsel Lipat

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2015 19:05 WIB
Samsung Masih Kepincut Buat Ponsel Lipat Ilustrasi ponsel lipat. (Getty Images/KellyISP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gencarnya perkembangan ponsel pintar berukuran layar besar tak membuat Samsung melupakan ponsel lipat. Bahkan kabarnya, vendor asal Korea Selatan itu tengah menyiapkan varian baru.

Sebuah gambar bocor di dunia maya mengungkap wujud ponsel lipat dari Samsung. Diberi nama SM-W2016, gambar ini dibocorkan oleh situs Sammobile dan diklaim memiliki bahan bodi yang sama seperti Galaxy S6.

Bodinya berwarna keabuan, SM-W2016 dilapisi oleh kaca dan bahan logam. Situs Sammobile mewartakan, ponsel lipat ini diduga bakal menyasar konsumen kelas premium. Desainnya berbentuk kotak dengan ujung yang membulat.


Layar SM-W2016 berukuran 3,9 inci Super Amoled dengan resolusi 1280 x 768 pixel, papan ketik numerik (T9), serta ditenagai oleh prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420.

Ponsel berbobot 204 gram ini cukup tipis, yaitu 15,1 mm. Dilengkapi oleh RAM 3GB dan penyimpanan internal 64GB, SM-W2016 berjalan di sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop.

Baca juga: LG Ungkap Alasan Kembali Bikin Ponsel Lipat

Meski konsep ponsel lipat terkesan jadul, Samsung tampaknya memang tetap ingin menjadikan SM-W2016 betul-betul berkelas. Perusahaan menyematkan kamera utama 16MP dan kamera depan 5MP untuk kebutuhan gaya hidup konsumen.

Beberapa waktu lalu sebuah data mengejutkan soal ponsel lipat datang dari Jepang di mana pengiriman ponsel tradisional model lipat di sana meningkat untuk pertama kalinya pada 2014 dalam tujuh tahun terakhir, sementara pengiriman ponsel pintar turun.

Menurut laporan lembaga riset MM Research Institute, pengiriman ponsel lipat tumbuh 5,7 persen menjadi 10.580.000 unit pada 2014. Pengiriman ponsel pintar turun 5,5 persen menjadi 27,70 juta yang menandai penurunan dalam dua tahun terakhir. Baca: Alasan Ponsel Lipat Belum Punah

Ukuran ponsel lipat juga menjadi salah satu alasan mengapa model ponsel ini masih dicari. Ponsel lipat sangat ringan dan kecil, yakni sekitar tiga inci saja.

Menggunakannya juga tak sulit. Karena ponsel lipat memiliki dua layar, di dalam dan luar. Biasanya, layar yang di luar menunjukan waktu, informasi panggilan masuk dan pesan masuk. Layar dalam tentu saja menyediakan fungsi utama seperti menu, pesan teks, dan lain-lain.


(tyo)