Gojek, Startup Paling Dikomentari Karyawan

Aditya Panji, CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2015 13:06 WIB
Gojek, Startup Paling Dikomentari Karyawan Gojek menjadi startup paling dikomentari oleh karyawan dan mantan karyawannya di platform informasi perusahaan dan pekerjaan Jobplanet.com. (Dok. Gojek Indonesia via Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan peranti lunak Gojek menjadi startup paling dikomentari oleh karyawan dan mantan karyawannya, menurut situs penyedia informasi pekerjaan dan perusahaan Jobplanet.

Menurut data Jobplanet, Gojek berada dalam daftar teratas sebagai perusahaan dengan ulasan terbanyak oleh karyawan dan mantan karyawannya.

Di posisi kedua sampai kelima, ada Tokopedia, Lazada, Bhinneka, dan KMK Online. Diikuti oleh Zalora, Reebonz, Rakuten, OLX Indonesia, dan Rumah123.


Jobplanet sendiri merupakan situs web asal Korea Selatan yang baru ekspansi pasar Indonesia sejak Agustus 2015. Mereka menyediakan informasi tentang perusahaan, gaji, ulasan, dan kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara di suatu perusahaan.

Menurut Chief Product Office Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius, rating yang diberikan oleh karyawan dan mantan karyawan perusahaan rintisan ini lebih besar dibandingkan perusahaan mapan atau besar.

Menurut catatan Jobplanet, perusahaan startup mendapatkan pemeringkatan rata-rata 14 persen lebih besar dalam hal kompensasi dibandingkan perusahaan besar, kemudian 13 persen lebih besar pada peringkat manajemen, dan 12 persen lebih tinggi dalam peringkat budaya kerja.

Ia berpendapat, suasana kerja yang kondusif serta kesempatan untuk berkembang, jadi daya tarik tersendiri untuk sebuah perusahaan.

“Di startup, suara karyawan lebih didengar sehingga pengalaman dalam budaya kerjanya lebih tinggi,” ujar Kemas dalam jumpa pers peluncuran Jobplanet di Jakarta, Kamis (17/12).

Kendati demikian, jajaran perusahaan mapan tetap menempati posisi teratas sebagai tempat bekerja paling diincar para pencari kerja lantaran gaji yang besar.

Setelah Jobplanet meneliti ketertarikan 27.915 pengguna terhadap 100 perusahaan paling bergensi dan diminati di Indonesia, hasilnya, Pertamina merupakan perusahaan paling diidamkan pencari kerja di Indonesia, diikuti oleh Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA di posisi dua sampai empat.

Posisi lima ditempati oleh perusahaan telekomunikasi Telkom Indonesia yang merupakan badan usaha milik negara. Kemudian ada perusahaan minyak Chevron Pacific Indonesia di peringkat enam. Lalu diikuti oleh Unilever, Indofood, AHM, dan Bank BNI. (adt/tyo)