Alasan Pencari Kerja Melirik Perusahaan Startup

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 22/02/2016 10:41 WIB
Alasan Pencari Kerja Melirik Perusahaan Startup Ilustrasi. (Diolah dari Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring dengan perkembangan teknologi dan Internet, tenaga kerja di Indonesia ternyata melirik perusahaan rintisan (startup) digital sebagai alternatif tempat untuk menimba ilmu dan pengalaman.

Bukan hanya mengincar gaji dan tunjangan, para pencari kerja ini juga mempertimbangkan hal lain. Menurut situs penyedia informasi pekerjaan Jobplanet, startup dilirik karena budaya perusahaannya, keseimbangan antara kerja dan kehidupan (work-life balance), serta jenjang karier yang lebih baik ketimbang perusahaan mapan.

Hal tersebut merupakan hasil analisis yang dilakukan Jobplanet terhadap berbagai startup yang telah mereka data selama bulan Januari 2016.


Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius mengatakan, pihaknya mencatat di awal 2016 ada 10 startup yang paling banyak dicari informasinya oleh pengunjung Jobplanet. Mereka adalah Tokopedia, Bukalapak.com, Go-Jek, Blibli.com, Lazada, Traveloka, KMK Online, OLX Indonesia, Zalora, dan Bhinneka.com.

Dalam hal budaya kerja, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak meraih rating 4,3 dari rating tertinggi 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas”.

Menyusul di belakang mereka adalah Blibli.com (dengan rating 4,2), OLX Indonesia (4,0), Lazada (3,8), Go-Jek (3,7), Bhinneka.com (3,4), KMK Online (2,7), dan Zalora (2,3).

“Rating 4,0 mewakili penilaian puas. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa karyawan ataupun mantan karyawan Tokopedia, Traveloka, Bukalapak.com, Blibli.com, dan OLX Indonesia merasa puas dengan budaya perusahaan tempat mereka bekerja,” ujar Kemas dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com.

Dari segi gaji dan tunjangan, Blibli.com dan Traveloka mendapatkan rating paling tinggi sebesar 4,3, lalu disusul OLX Indonesia (3,8), Tokopedia (3,7), Go-Jek (3,6), Bukalapak.com, Zalora, dan Lazada yang sama-sama mendapat rating 3,3, kemudian KMK Online (2,6) dan Bhinneka.com (2,5).

Startup juga dinilai sebagai tempat menimba pengalaman di mana kontribusi setiap individu bakal terlihat jelas dan terukur mengingat keterbatas sumber daya manusia. Dari sini orang yang berprestasi bisa dengan cepat naik ke posisi berikutnya.

Kesempatan jenjang karier paling besar dimiliki oleh Blibli.com yang mendapatkan rating jenjang karier 3,8. Di belakangnya ada Traveloka (3,7), Tokopedia (3,6), Lazada (3,4), Go-Jek, OLX Indonesia, dan Bukalapak.com yang masing-masing mendapat 3,3, lalu KMK Online dan Zalora masing-masing 2,6, serta Bhinneka.com (2,2).

Di tengah kerja keras itu, startup juga dinilai oleh karyawan dan mantan karyawannya memberi keseimbangan pada kehidupan sehari-hari. Startup yang mendapat penilai tinggi atas work-life balance ini adalah Blibli.com dan Bukalapak yang sama-sama meraih 4,3. Kemudian ada Tokopedia (3,9), serta Go-Jek, OLX Indonesia, dan Traveloka yang sama-sama mendapatkan rating 3,8. (adt)