Hilangnya Port Audio iPhone 7 Dikritik Pendiri Apple

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 29/08/2016 17:57 WIB
Steve Wozniak menganggap Apple melakukan kesalahan besar apabila betul-betul menyingkirkan port audio 3,5 mm di iPhone 7. Salah seorang pendiri Apple, Steve Wozniak. (REUTERS/ Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu pendiri Apple Steve Wozniak mengkritik keras apabila Apple betul-betul menyingkirkan port audio 3,5 mm di iPhone 7 yang sebentar lagi akan dirilis. Menurutnya, hal itu adalah kesalahan besar.

Sejumlah rumor memang telah bergulir tentang iPhone 7. Salah satu yang menuai kontroversi menyebutkan rencana Apple menyingkirkan port audio 3,5 mm.

Menyikapi rumor tersebut Wozniak berpendapat, hilangnya port audio 3,5 mm bakal membuat konsumen frustrasi dan seakan memaksa mereka menggunakan "alat bermutu rendah" untuk mendengarkan musik.


"Jika Apple menghilangkan port audio 3,5 mm, itu akan membuat orang-orang gusar," ucap Wozniak kepada Australian Financial Review.

Dia menyambung, "saya tidak akan menggunakan Bluetooth. Saya tidak koneksi nirkabel. Saya punya mobil yang bisa dipasangkan musik atau melalui Bluetooth, namun koneksi tersebut hanya memberi alunan musik yang datar."


Di sisi lain dari kritik tajam Wozniak, dia tetap berharap Apple mampu meciptakan sesuatu yang baru.

"Jika ada Bluetooth 2 yang punya bandwidth lebih tinggi dengan kualitas mumpuni serta mampu memberi suara seperti musik sungguhan, saya mau pakai itu. Apple sangat ahli dalam mengembangkan teknologi yang cocok untuk masa depan. Kita lihat saja," kata Wozniak.

Wozniak yang telah meninggalkan karier di Apple sejak 1985 memang terbilang masih peduli terhadap pertumbuhan ataupun inovasi yang dilakukan perusahaan.

Wozniak juga tidak bisa lepas dari perannya dalam membangun perusahaan serta pengembangan segelintir produk Apple. Pendapat dan kritiknya masih dinilai penting di industri teknologi.

Selain rumor port audio 3,5 mm yang akan dihilangkan, iPhone 7 juga dikabarkan bakal menyingkirkan tombol Home khas yang terletak di tengah bodi.

Beberapa waktu lalu analis KGI Securities yang dikenal kerap memprediksi produk-produk perusahaan secara akurat, Ming-Chi Kuo, mengatakan iPhone 7 edisi premium akan mengusung dua kamera belakang yang menggunakan sistem teknologi Linx.

Kuo juga mengatakan Apple kemungkinan akan menyematkan fitur zoom optik dengan pembesaran 2 hingga 3 kali lipat. Kedua lensa kamera dipercaya bisa bekerja secara bersamaan demi menghasilkan gambar kualitas tinggi. (tyo)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK