NASA Jual Robot Tua Penguji Baju Ruang Angkasa

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 07/09/2016 12:45 WIB
NASA Jual Robot Tua Penguji Baju Ruang Angkasa Robot Power-Driven Articulated Dummy untuk mengembangkan baju luar angkasa (Dok. NASA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah robot tua yang terlihat menyeramkan ditawarkan bagi Anda yang menyenangi koleksi benda-benda ruang angkasa. Bukan sembarang barang bekas, robot tua bernama Power-Driven Articulated Dummy berjasa besar dalam mengembangkan cikal bakal baju ruang angka yang dikenakan astronot.

NASA baru-baru ini mengumumkan rencana untuk melelang koleksi tuanya itu melalui badan lelang RR Auction.

Mengutip Engadget, robot 'mannequin' ini secara khusus dirancang khusus untuk NASA oleh IIT Research Institute antara tahun 1963 dan 1965 khusus untuk pengujian pakaian ruang angkasa.


Seperti diketahui, tubuh manusia tidak dirancang untuk berada di ruang angkasa. Atas alasan itulah, NASA memilih menggunakan robot untuk uji coba tekanan udara di luar Planet Bumi.


Dibandingkan menggunakan boneka, NASA beralasan pemilihan robot sebagai model memungkinkan mereka mengukur tekanan yang kemungkinan dibutuhkan pakaian saat dikenakan di ruang hampa udara. Selain itu juga pemilihan tekanan yang tepat membuat tubuh pemakainnya terhindar dari bengkak akibat efek dekompresi.

Robot setinggi 164 cm dan 185 cm dan berat 104kg ini sengaja didesain agar sesuai dengan postur tubuh laki-laki di Amerika. Dengan menggunakan tenaga hidrolik, purwarupa ruangan ujicoba pun dibuat semirip mungkin dengan tekanan udara di ruang hampa udara.

Desain robot dibuat semirip mungkin dengan manusia. Sistem peredaran darah yang terbuat dari tabung nilon dengan minyak mengalir di dalamnya layaknya replika tubuh manusia.

Sebuah sensor untuk mengukur kekuatan terhadap purwarupa pakaian pun tak luput dari robot usang ini. Tujuannya, untuk mengumpulkan data kualitatif terutama yang menyangkut tekanan udara.


Sistem peredaran dara buatan kabarnya tidak bisa menangani tekanan hidrolik, sehingga NASA terpaksa harus menghentikan penggunaan robot untuk pengembangan proyek pakaian astronotnya.

Meski sudah terdapat kerusakan di beberapa bagian, rencananya NASA akan melepas robot tua ini seharga US$80 ribu atau setara Rp1,05 miliar. Bagi yang berminat membeli, penawaran daring akan dibuka pada 15 hingga 26 September melalui situs RR Auction. (evn)