Microsoft Surface Studio, PC all In One Tipis Pesaing iMac

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Kamis, 27/10/2016 08:23 WIB
Microsoft Surface Studio, PC all In One Tipis Pesaing iMac Microsoft saat mengumumkan Surface Studio (Foto: AFP PHOTO / DON EMMERT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selama ini workstation, khususnya PC all in One, lebih banyak dikuasai oleh iMac besutan Apple. Bisa jadi Surface Studio yang baru saja diumumkan oleh Microsoft, adalah pesaing terberat di segmen ini.

Diumumkan dalam sebuah acara di New York City, produk ini dipatok dengan harga mulai dari US$2.999 atau setara Rp 38 juta. Melirik harganya, memang Surface Studio ditujukan untuk melakukan pekerjaan ‘berat’, khsusunya bagi pekerja kreatif.

"Kami benar-benar percaya bahwa Surface mengubah cara Anda menghasikan, cara Anda membuat, cara Anda belajar," kata Microsoft Corporate VP of Devices, Panos Panay, seperti dikutip dari The Verge.


“Saya akan menunjukan kepada Anda tentang semua produk ini. Ini mungkin terasa akrab, tapi ini satu langkah yang lebih maju dan tentunya berbeda,” lanjutnya.
Microsoft Surface Studio, PC all In One Tipis Pesaing iMacFoto: AFP PHOTO / DON EMMERT
Dia menjelaskan bahwa Surface Studio dibangun sebagai monitor LCD tertipis di dunia karena ketebalannya hanya 12.5 mm. Ukuran layar 28 inci full layar sentuh dengan kepadatan 13,5 juta piksel. Panay mengklaim 63 persen lebih mumpuni dari sebuah TV 4K.

“Surface Studio mempunyai layar terbaik di kelasnya,” ujar dia.

Microsoft Surface Studio, PC all In One Tipis Pesaing iMacFoto: (YouTube/Microsoft)
Perangkat ini mendukung output warna yang diperluas, hal penting bagi fotografer, videografer, dan desainer. Microsoft menyebutnya ini sebagai "TrueColor."

Layar memiliki aspek rasio 3:2 dengan 192 pixel per inci. Termasuk dukungan spesifikasi dari prosesor generasi keenam Intel, GPU Nvidia GTX 980M model premium.

"Bagian layarnya bisa ditekuk atau diputar ke belakang hingga 20 derajat," sebut Panay.

Microsoft Surface Studio, PC all In One Tipis Pesaing iMacFoto: (Youtube/Microsoft)
Ini belum termasuk aksesoris tambahan yang berguna bagi pembuat desain untuk mengatur karyanya sedemikian rupa.

Berikut spesifikasinya:
  • Layar: 28-inci 4500 x 3000 PixelSense LCD (192 PPI), 3:2 aspect ratio, Adobe sRGB and DCI-P color settings, 10-point multitouch
  • Prosesor: Intel Core i5 atau Core i7 generasi keenam
  • Storage: 1TB or 2TB hybrid drive
  • Memori: RAM8GB, 16GB, atau 32GB of RAM
  • Grafis: GeForce GTX 965M 2GB (in Core i5 Studio) or GTX 980M 4GB (in Core i7 Studio)
  • Kamera: 5MP dengan kemampuan merekam video 1080p
  • OS: Windows 10
(tyo)


BACA JUGA