Kelakar Tweet Netizen Soal Demo 4 November

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Jumat, 04/11/2016 09:55 WIB
Kelakar <i>Tweet</i> Netizen Soal Demo 4 November Demonstran aksi berbagai organisasi masyarakat mulai berkumpul di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (4/11). (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seakan ingin mengurangi 'tensi tinggi' ibu kota, banyak netizen memanfaatkan Twitter untuk nge-tweet dengan santai menanggapi aksi unjuk rasa yang akan berlangsung Jumat siang (4/11).

Jakarta akan 'digempur' oleh demonstrasi besar yang diramaikan oleh kelompok organisasi Islam terhadap dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Di ranah online, media sosial mikroblog Twitter pun turut diramaikan oleh ribuan kicauan netizen yang mengomentari soal demo besar ini.


Dari pantauan CNNIndonesia.com, tanda pagar #AksiDamai411 menempati posisi teratas Trending Topic wilayah Indonesia, diikuti oleh #HariBelaQuran.

Sementara kata kunci yang paling banyak dicari adalah konten tweet yang mengandung #ahok, demo, dan istiqlal.

Ribuan cuitan netizen yang menentang dan mendukung aksi demo menggema di Twitter. Namun tak sedikit juga di antaranya yang berkelakar agar suasana tegang tersebut bisa lebih mencair.


Pengguna bernama @praniyoga berkicau tentang saran agar demo yang berlangsung agar tetap berjalan dengan baik.

"#AksiDamai411 contoh; 3. sediakan food truck. minuman dingin diutamakan. teriak2 bikin serak lho #sediamijon #adaakwa," kicaunya.

Lalu nama akun @AnifahDakau_ turut berkelakar dengan menyambungkan aksi demo dengan berat badan.

"Kayaknya hari ini saya juga harus turun !! iya turunin berat badan #JumatBerkah #aksidamai411," cuitnya.

Ada juga yang memanfaatkan momen 'keributan' terkait demo ini untuk berkicau tentang topik lain dengan nada menggelitik.

"#BakalIkutDemo kalau abis demo dapat pacar," tulis akun @PulungPulung.

"yang duitnya diutangin temenya tapi temenya ngilang, boleh tuh ikutan demo. #aksidamai4november #AksiDamai411," kicau @kurusman.

"Mau ikut demo, tapi mending aku demo di hati kamu aja #AksiDamai411," cuit akun @mis_fswagxx.


"Selain idul fitri, yg membuat jalanan Jakarta lancar ternyata demo kayak hari ini. Demo tiap hari gapapa dah~" ujar pengguna akun @ajiirawaan.

Lalu akun bernama @Ayesha_Echa juga berkicau, "daripada ikutan demo mending makan nasi padang gih jgn lupa pesen otak !"

Kemudian pengguna akun @cahyonodedi mengaitkan aksi demo ini dengan kekalahan tim sepakbola Manchester United yang dilatih oleh Jose Mourinho.

"#AksiDamai411 harusnya ditujukan untuk Mourinho," katanya.

Sebelumnya pada Kamis (3/11) atau sehari menjelang demo, tagar #NggakIkutDemo sempat menggema dengan riuh di Twitter.

Seperti diketaui, melalui demonstrasi ini massa mendesak aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

Para pengunjuk rasa akan melakukan long march dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara. Diperkirakan, tidak kurang dari 100 ribu orang bakal mengikuti aksi tersebut. (hnf/tyo)