BMW dan Mini Buka Layanan Purnajual Online

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 06/03/2017 16:31 WIB
BMW dan Mini Buka Layanan Purnajual Online Pabrik perakitan BMW di Sunter, Jakarta. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem jual-beli online mulai dipilih produsen otomotif dalam memasarkan produknya. Baik kendaraan secara utuh, maupun suku cadang kendaraan.

Semisal BMW Group Indonesia. Produsen asal Jerman itu menghadirkan fitur layanan purnajual online. Tidak hanya untuk BMW, melainkan juga keluaran MINI.

Corporate Communications Department BMW Indonesia, Jodie O'tania mengatakan dengan sistem online bertujuan untuk mempermudah konsumen atau pengguna BMW dan MINI dalam mengakses apapun yang diinginkan terkait kendaraannya.


"Untuk pengguna BMW dan MINI, jadi biasanya kalau ada pembaharuan, konsumen datang ke diler. Dengan ini pengguna bisa langsung cek melalui layanan online tersebut," kata Jodie di kantornya, kawasan BSD, Tangerang, Senin (6/3).

Layanan tersebut, menurutnya, tidak akan dipungut biaya. Pelanggan dapat melakukan pengecekan melalui akses situs resmi BMW dan MINI melalui menu technical update untuk memperoleh informasi terbaru seputar kebutuhan kendaraan.

"Kami akan melakukan penjadwalan dan pembaruan melalui seluruh diler resmi dari BMW dan MINI untuk pelanggan yang memerlukan technical update," kata dia.

Adapun situs yang dapat diakses, Vice President Aftersales BMW Indonesia, Bernd Leschke menjelaskan bahwa pelanggan BMW dapat masuk melalui situs www.bmw.co.id dan kemudian, memilih menu offers and services, lalu klik for you vehicle serta technical update.

"Setelah itu dapat memasukan nomor VIN (Vehicle Identification Number) kendaraan ke dalam kolom tersedia," kata dia.

Sedangkan, untuk Mini dapat diakses melalui www.mini.co.id, dan kemudian memilih menu owners dan klik technical update.

Biasanya, komposisi VIN terdiri dari 17 angka beserta huruf kapital. VIN akan berfungsi sebagai tanda pengenal untuk dua produk tersebut. Untuk menemukannya, pengendara dapat melihat pada bagian pilar di pintu pengemudi.

"Buka pintu bagian pengemudi, VIN terdapat di bagian pilar. Lalu gunakan tujuh angka terakhir sebagai VIN kendaraan," ungkap Bernd. (pit/pit)


BACA JUGA