Trump Tekan Toyota Bangun Pabrik di AS

CNN Indonesia | Rabu, 22/03/2017 10:15 WIB
Trump Tekan Toyota Bangun Pabrik di AS Trump menekan sebanyak mungkin produsen untuk membangun pabrik mobil di Amerika Serikat. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menekan raksasa otomotif asal Jepang, Toyota untuk membangun pabrik di tanah Paman Sam. Ini untuk kali ke dua Trump meminta Toyota, untuk segera mendirikan pabrik di wilayah Michigan.

Pertemuan Trump dengan pimpinan pabrikan mobil digelar di Detroit, yang identik dengan manufaktur kendaraan. Pertemuan tersebut juga membicarakan soal tenaga kerja.

Dilansir Nikkei, Trump juga berjanji meninjau kembali aturan soal regulasi efisiensi bahan bakar yang ketat pada saat era Barack Obama.


Pada saat menjabat Obama berniat untuk mengurangi pemanasan global. Aturan tersebut mengharuskan para produsen mobil untuk menambah efisiensinya menjadi 50 persen atau lebih pada tahun 2025.

Sementara Trump memandang skeptis terhadap perubahan iklim. Peninjauan kembali terhadap regulasi tersebut akan berpengaruh terhadap produsen mobil asal AS karena dalam usaha mengejar para produsen Jepang mengembangkan mobil yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Trump meminta para produsen tersebut membangun pabriknya di AS sebagai imbalan dari perubahan aturan yang memberikan intensif menguntungkan bagi produsen.