Google Maps Hadirkan Fitur untuk yang Sering Lupa Parkir

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 22/03/2017 07:00 WIB
Google Maps Hadirkan Fitur untuk yang Sering Lupa Parkir Foto: Pexels/Pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Permasalahan lupa lokasi parkir saat berada di pusat perbelanjaan ditanggapi serius oleh raksasa teknologi Google.

Baru-baru ini Google diketahui sedang menguji coba sebuah fitur untuk membantu pengendara yang lupa lokasi parkir kendaraan mereka.

Fitur pengingat tempat parkir itu nantinya akan ditanam dalam aplikasi Google Maps beta untuk pengguna Android.

Mengutip The Verge, Google memastikan belum akan merilis fitur ini secara resmi, namun dipastikan pengguna Android akan mencicipinya lebih dulu. Belum dapat dipastikan apakah Google akan merilis fitur serupa untuk pemutakhiran pada perangkat iOS.


Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus memastikan telah mengatur lokasi parkir kendaraan sebelum meninggalkan area parkir.

Pengaturan bisa dilakukan dengan memilih titik biru tempat pengguna berada, lalu membuat pilihan 'Save your parkir' di Menu yang muncul. Menu ini hanya muncul saat pengguna sign di aplikasi Google Maps.

Setelah mengatur lokasi, pengguna bisa menambahkan catatan, mengatur alarm pengingat berapa lama memarkir kendaraan, hingga menambahkan foto lokasi parkir untuk membantu mengingat keberadaan sekeliling.

Terkait dengan permasalahan parkir, sebelumnya Google juga telah merilis fitur penyedia lahan parkir di sejumlah pusat perbelanjaan di beberapa negara. Fitur tersebut membantu pengunjung pusat perbelanjaan mencari lahan parkir kosong sebelum memarkirkan kendaran mereka.

Selain Google, Apple sebenarnya sudah lebih dulu memperkenalkan fitur serupa setahun silam. Layanan Apple Maps telah menyediakan fitur khusus yang dilengkapi catatan dan foto untuk pengingat parkir kendaraan.

Hanya saja, fitur tersebut memiliki keterbatasan yakni iPhone dan mobil harus dalam kondisi terhubung dengan Bluetooth.