Menjadi 'Bos' di Balik Kemudi Mercedes-Benz E300 AMG Line

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 16/05/2017 08:40 WIB
Mercedes-Benz E 300 with AMG Line (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lewat Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), pabrikan otomotif asal Jerman meluncurkan salah satu keluaran terbarunya dari tipe E class. Mercedes-Benz E300 AMG Line berstatus rakitan lokal resmi mengaspal sejak bulan April 2017.

Berebeda dari sebelumnya, walau tidak lagi diimpor dari negara asalnya, dan sudah dirakit di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat, E300 diklaim lebih banyak memiliki fitur berteknologi terkini. Hingga secara keseluruhan, sehingga layak masuk ke dalam jajaran versi AMG.

AMG memiliki spesialisasi pada mobil mewah berperforma tinggi. Selain itu semua model AMG mempunyai tampilan lebih agresif, performa, pengendalian, dan stabilitas lebih baik daripada model Mercedes. Biasanya, model AMG dibandrol lebih mahal ketimbang jajaran lainnya.


Beberapa pekan setelah peluncuran kendaraan tersebut, CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal sedan mewah kelas Eropa terbaru yang kini bercita-rasa Bogor. Memang, setelah tidak termasuk ke dalam Avangrade Line E300 tampak berbeda, terutama desain dari tampilan luar.

Desain yang disematkan jelas lebih agresif dan mengedepankan kesan masa depan dan tampak lebih sporty. Entah itu jika dilihat dari bagian wajah, samping, belakang hingga kakinya atau velg.

Mobil saat ini memiliki dimensi lebih besar dari sebelumnya. Panjang sumbu roda menjadi 65 mm, sedangkan secara keseluruhan menjadi 43 mm. Untuk lebar kendaraan, ditambah menjadi 20 mm dan belakang tujuh mm. Tetapi untuk ruang bagasi, kapasitas tetap dipertahankan.

Puas memandang di bagian luar, CNNIndonesia.com lantas bergerak memasuki kabin. Pusat perhatian, jelas tertuju kepada dua layar memanjang menyatu yang menjadi panduan pengemudi selama berkendara saat pertama duduk di kursi pengemudi.

Berbagai tombol disediakan, ada di lingkar kemudi, dashboard hingga antara kursi pengemudi dan sebelahnya. Tombol diciptakan dengan maksud ingin mempermudah kontrol fitur saat berkendara.

Tampilan dalam mobil jelas memberi kesan elegan, banyak perpaduan yang diberikan dari detail kayu, kulit berkualitas tinggi sampai list lampu berwarna. Untuk list lampu suasana, warna dapat diubah sesuai keinginan melalui konsol yang terhubung dengan layar. Ada sekitar 64 warna disediakan untuk menemani suasana hati.

Usai memasang sabuk pengaman yang bisa mengencangkan secara otomatis, CNNIndonesia.com lantas menekan tombol bulat di sisi kiri roda kemudi untuk menyalakan mesin. Sekali tekan, mesin langsung menyala dan sekaligus memulai perjalanan menyusuri jalur Ibukota.

Awal perjalanan, CNNIndonesia.com tidak ingin langsung menjajal kecepatan sedan tersebut, melainkan merasakan sensasi sedan mewah ini dengan menginjak pedal gas secara perlahan.

Sedikitnya ada 12 sensor yang disematkan produsen mengeliling mobil tersebut. Sensor bekerja sangat baik saat kondisi lalu lintas sedang padat, karena jarak mobil dengan kendaraan lainnya sangat dekat. Sensor dan kamera akan memberi bunyi dan tanda peringatan melalui layar, mengenai bagian mobil mana yang berdekatan dengan benda disekitar.

Memang agak sedikit mengganggu perjalanan, saat sensor bekerja karena selalu berbunyi. Namun itu memberi rasa kewaspadaan tersendiri bagi pemilik kendaraan tentang situasi disekeliling.

Rasa nyaman jelas terasa, saat menjajal bermanuver mememakai sedan terbaru Mercedes-Benz di tengah padatnya jalan. Ada lima mode berkendara yang ditawarkan, seperti eco, comfort, sport, sport plus dan individual.

Kenyamanan lain selama berkendara, juga diperoleh oleh sistem touch control dengan gesekan jari untuk mengendalikan perangkat infotaiment dan fitur lainnya. Visualisasi dan animasi, integrasi smartphone, pengisian daya telepon tanpa kabel, dukungan infotaiment berbasis smartphone dan sebagainya sudah diterapkan.

Setelah secara perlahan mencicip sensasi mobil tersebut, tentu kurang bila tidak menggeber mobil secara langsung untuk merasakan kecepatan yang ditawarkan. Otomatis, moda berkendara diubah dari eco, menjadi sport serta individual saat CNNIndonesia.com menemukan jalur lurus dengan kontur menikung. Saat di jalanan lurus dan pajang Anda bisa mengaktifkan mode cruise, alias berkendara dengan kecepatan yang stabil secara otomatis, sehingga Anda bisa mengistirahatkan kaki dari pedal gas. Tombol tersebut ada di bawah konsol lamp sign.

Menjadi 'Bos' di Balik Kemudi Mercedes-Benz E300 AMG LineNew E300 AMG Line diperkenalkan di Jakara, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Produsen membekali E300 AMG Line dengan mesin bensin empat slinder 2.000 cc dan dikawinkan oleh transmisi otomatis sembilan percepatan 9G-Tronic. Mereka mengklaim mesin mobil dapat menghembuskan tenaga sebesar 245 tenaga kuda. Tidak perlu khawatir, mobil sudah disesuaikan hingga standarisasi gas buang sampai Euro 6.

Saat hentakan awal pedal gas, memang terasa mobil memiliki kecepatan luar biasa. Apalagi bobot kendaraan sudah dipangkas dari versi import, yaitu lebih ringan 70 kg. Saat melihat spidometer, akselerasi menuju angka dari 0-100 dicapai tidak lebih dari 7 detik dan pengemudi tetap merasa nyaman, begitupun ketika jalur berubah menikung.
1 dari 2