GIIAS 2017

Tren Bikin Van Senyaman 'Rumah' Sendiri

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 21/08/2017 15:30 WIB
Bagi sebagian orang, modifikasi interior menjadi hal penting. Hal ini terutama berlaku untuk pemilik kendaraan berjenis van. Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP
Jakarta, CNN Indonesia -- Modifikasi kendaraan tentu menjadi alternatif untuk menyesuaikan tampilan kendaraan sesuai keinginan. Bukan hanya tampilan luar, bagi sebagian orang, modifikasi interior menjadi hal penting. Hal ini terutama berlaku untuk pemilik kendaraan berjenis van. 

Bukan tidak mungkin, interior yang semula hanya standar bawaan pabrik dapat disulap bagai ruangan mewah di rumah sendiri untuk berbagai keperluan. Bahkan, modifikasi tersebut menjadi tren bagi peminatnya tersendiri.

Hal ini terlihat pada pada ajang pamer otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ada beberapa rumah modifikasi yang menyediakan jasa menyulap kabin kendaraan sesuai keinginan. BAV Luxury Auto Design adalah salah satu pesulap kabin kendaraan itu.


Tren Bikin Van Senyaman 'Rumah' SendiriModifikasi bagian interior mobil (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Namun memang, mobil yang biasa diubah demikian berdimensi besar dari mulai van hingga bus. Seperti Toyota HiAce, maupun Mercedes-Benz Sprinter berbagai varian. Dalam displaynya, BAV Luxury membawa dua jenis Mercy Sprinter A3 dan A4, berkabin mewah.

Dari luar, van bermoncong panjang itu tampak standar, tidak seperti kendaraan yang sudah diotak-atik. Tetapi jika melihat ke bagian dalam kesan mewah jelas terpancar, apalagi dengan dominasi gold sebagai warna dominan dan dipadukan bersama aksen kayu.


Versi terlengkap, di dalam kabin sudah tersedia berbagai penunjang kenyamanan kelas atas. Di kabin mobil tersedia berbagai perangkat hiburan, mulai dari sistem karaoke lengkap dengan televisi LED berukuran 43 inci, seperangkat audio, hingga Wi-Fi.

Tren Bikin Van Senyaman 'Rumah' SendiriBagian belakang mobil juga bisa disulap menjadi lemari penyimpanan (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Tidak hanya itu pada muka dekat pintu masuk, mobil seakan memiliki mini bar dengan ruangan khusus penyimpanan wine, meja kecil, alat pembuat kopi dan lemari pendingin. Penunjang lain, mobil juga sudah memiliki lemari baju, rak sepatu hingga toilet.

Jok kelas satu sudah disesuaikan sebagai standar modifikasi. Semua serba elektrik, baik pada jok sampai dengan gorden penutup jendela. Tidak heran, terdapat saklar yang terdiri dari bermacam panel sesuai fungsinya.


Direktur BAV Luxury Auto Design Jonathan Pratama, mengatakan ada beberapa komponen inti yang digunakan untuk kabin tersebut, seperti kerangka, kayu, peredam dan kulit. Rata-rata, bahan yang digunakan diperoleh dari luar negeri dan diproses di rumah produksinya.

Tren Bikin Van Senyaman 'Rumah' SendiriPengerjaan modifikasi bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Sedangkan, untuk waktu pengerjaan biasanya memakan waktu tiga bulan dan disesuaikan dengan keinginan dari pemesan. "Kami rancang sedemikian rupa sehingga tidak ada pemakaian paku di dalam proses custom kabin," kata Jonathan.

Mengenai berapa biaya untuk masing-masing tipe modifikasi, harganya dibandrol berbeda-beda. Versi interior A4 harganya Rp1,15 miliyar, sedangkan versi di bawahnya, A3 Rp905 juta. Harga belum termasuk kendaraan, jika ingin sekaligus dengan Mercedes-Benz Sprinter dapat ditambah sesuai harga kendaraan.

"Kalau harga sesuai keinginan pemesan aja, punya budget berapa. Ya, kami akan kerjakan sesuai," kata dia.
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK