Berkat Ignis, Honda Brio Mesti Rela Disalip Suzuki

rayhand purnama, CNN Indonesia | Selasa, 19/09/2017 18:18 WIB
Berkat Ignis, Honda Brio Mesti Rela Disalip Suzuki Penjualan Suzuki Igniz meroket dalam lima bulan terakhir, salip merek lain yang sudah lebih dulu melego varian <i>city car</i> mereka (dok. Courtesy Suzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Ignis berhasil menguasai pasar citycar di Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) disepanjang 2017, periode Januari sampai dengan Agustus pabrikan asal Jepang itu berhasil menjual Ignis sebanyak 8.280 unit.

Padahal, Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru melakukan penjualan mobil seri urban crossover ini pada bulan ketiga tahun ini. Peluncuran ini sedikit tertinggal dengan pabrikan city car lain yang sudah mulai melego mobil mereka sejak awal tahun.

Angka ini berhasil mengungguli penjualan Brio versi city car, yaitu seri S, R, dan RS. Honda Brio yang sudah dijual sejak awal tahun harus puas dengan angka penjualan 7.920 unit. Angka penjualan ini dibuntuti oleh Nissan March dengan capaian 1.785 unit.



Di posisi berikutnya, ada Mitsubishi Mirage yang mengantongi penjualannya sebanyak 1.445 kendaraan dalam delapan bulan terakhir. Sementara city car Daihatsu Sirion, unitnya terjual sebanyak 1.118 kendaraan.

Sementara itu, merek city car lain penjualannya kurang bertaring. Total penjualan Toyota Etios, KIA Picanto, Hyundai i10, Suzuki, yakni Suzuki Calerio dan Suzuki Splash dan lainnya penjualan tercatat 1.191 kendaraan.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan city car tahun ini mengalami kenaikan. Pada periode yang sama pada 2016, total penjualan city car sejumlah 15.438 unit. Tahun ini, total penjualan naik menjadi tahun 21.739 kendaraan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Gaikindo hingga periode Desember 2016, tahun lalu segmen city car Indonesia dikuasai oleh Honda Brio. Masih tersisa waktu hingga akhir tahun, dengan penjualan yang terpaut 200-an unit, mampukah Brio kembali merebut pasar city car?