Tiga Pekerjaan yang Paling Dicari di Indonesia

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Kamis, 02/11/2017 14:41 WIB
Tiga Pekerjaan yang Paling Dicari di Indonesia Pekerjaan terkait dengan teknologi tengah populer dicari (dok. Thinkstock/Ridofranz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan data LinkedIn selama setahun terakhir, pekerjaan yang paling banyak diincar oleh perekrut adalah penjualan, pemasaran, dan pengembang software. Ketiga pekerjaan ini juga jadi yang paling banyak dicari di Indonesia.

Dari tiga pekerjaan tersebut, LinkedIn melihat ada peningkatan permintaan pekerjaan yang terkait dengan bidang teknologi.  Sebagai contoh, keahlian untuk bagian penjualan menurut termasuk penjualan untuk enterprise software, cloud computing dan big data.

"Permintaan akan keahlian dan pengetahuan di bidang teknologi semakin meningkat. Pada kenyataannya tiga bidang pekerjaan yang ‘most hired’ di LinkedIn menunjukkan juga kebutuhan akan keahlian di bidang teknologi," jelas Olivier Legrand selaku Managing Director & Vice President LinkedIn Asia Pasific, Rabu (1/11), dalam konferensi pers di kawasan Senayan.


Untuk pekerja di bidang software development, kemampuan yang harus dikuasai termasuk Ruby on Rails, spring framework, dan mobile aplication.


Perusahaan yang diminati

Soal kepeminatan, dalam survei yang dilakukannya pada 2016, LinkedIn menemukan bahwa para profesional tanah air cenderung tertarik bekerja di perusahaan-perusahaan yang membuat mereka bangga untuk bekerja di sana. Kompensasi dan tunjangan yang didapat menjadi faktor lainnya yang dipertimbangkan.

Di Indonesia, generasi muda baik yang pelajar maupun profesional muda merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat. Hasil survey LinkedIn menunjukkan bahwa generasi milenial Indonesia ingin bekerja berdasarkan semangat, passion dan insipirasi mereka.

Sejak Juni hingga Juli 2017 silam, LinkedIn juga melakukan survei pada 1000 responden di Indonesia yang berasal dari usia 16-23 tahun. Responden juga berasal dari profesional muda di kisaran usia 25-24 tahun yang memiliki lebih dari dua tahun pengalaman bekerja.

LinkedIn adalah perusahaan yang saat ini sudah diakuisisi Microsoft. Situsnya menghubungkan profesional untuk proses perekrutan, pemasaran dan penjualan.


BACA JUGA