Fitur Bokeh Pixel 2 Kini Bisa Juga Dipakai di Xiaomi, Samsung

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 03/01/2018 09:12 WIB
Fitur bokeh dari mode portrait yang jadi andalan Pixel 2 kini bisa juga dirasakan ponsel Android lain seperti Xiaomi, Samsung, Motorola. Google Pixel 2. Mode portrait pada Pixel 2 jadi fitur andalan. Kini fitur tersebut juga bisa dirasakan oleh ponsel Android lain yang kompatibel (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mode foto portrait yang jadi kebanggaan Google Pixel kini bisa digunakan di beberapa ponsel yang sudah menggunakan Android Oreo.

Seorang pengembang, Arnova8G2 dari forum XDA Developer menemukan modifikasi agar mode portrait bisa digunakan di sejumlah ponsel Android.

Modifikasi itu menggunakan aplikasi Camera NX versi 7.3. Aplikasi ini ternyata bisa diinstal di perangkat Android lain dan mengaktifkan mode portrait.


The OnePlus 3/3T, Moto G5S Plus, dan Samsung Note 8 adalah beberapa ponsel yang bisa menggunakan mode ini. Pixel XL, Nexus 6P, dan Nexus 5X adalah ponsel Google lawas yang juga bisa memanfaatkan APK tersebut.

Beberapa ponsel kelas menengah seperti Xiaomi Redmi Note 3 juga dilaporkan bisa menggunakan fitur andalan Pixel ini. Aplikasi ini juga bisa berjalan di Xiaomi Mi 5 atau Mi 5s, seperti disebutkan XDA Developers. 

Pixel 2 adalah ponsel andalan Google yang punya banyak fitur memotret yang menarik. Salah satunya adalah mode Portrait yang bisa memberikan efek bokeh pada hasil foto.

Bokeh adalah istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan efek memotret dengan gambar latar yang buram. Sehingga, foto bagian depan tampak lebih menonjol. 

Bedanya, untuk menghasilkan efek bokeh ini Pixel hanya menggunakan satu lensa saja. Tidak menggunakan lensa ganda seperti dilakukan kebanyakan pemanufaktur ponsel.

Untuk menghasilkan efek bokeh Pixel hanya mengandalkan pemrosesan menggunakan algoritma software.

Menariknya, aplikasi untuk mengaktifkan mode portrait ala Pixel itu tak membutuhkan banyak rooting. Tapi, saat ini fitur portrait hanya bisa digunakan untuk kamera belakang saja.

Jika Android pengguna sudah menggunakan Oreo dan tertarik untuk mencoba, aplikasi tersebut bisa diunduh situs ini(eks/eks)