Xpander Catat Rekor Penjualan Lagi, Tempel Posisi Avanza

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Sabtu, 17/02/2018 10:11 WIB
Xpander Catat Rekor Penjualan Lagi, Tempel Posisi Avanza Xpander dirakitan di pabrik Mitsubishi Cikarang, Jawa Barat. (Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan Mitsubishi Xpander pada Januari 2018 berhasil menempel MPV sejuta umat Toyota Avanza di segmen low MPV dalam negeri. Bahkan Xpander mampu menggeser Xenia yang sebelumnya bertengger di posisi kedua.

Dalam data wholesales (dari pabrik ke dealer) Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Avanza terdistribusi sebanyak 7.543 unit, sementara Xpander satu tingkar di bawah Avanza berhasil digelontorkan sebanyak 7.079 unit.

Popularitas Xpander dalam beberapa bulan terakhir sanggup mengalahkan Daihatsu Xenia yang hanya terdistribusi sebesar 3.912 unit. Dan Xpander sendiri mampu meninggalkan Wuling Confero yang hanya tersuplai tidak lebih dari 600 unit bulan lalu.
Dalam perjalanannya, Xpander mulai dipasarkan Mitsubishi sejak Agustus 2017. Penjualan mobil rakitan Cikarang, Jawa Barat ini terbilang memuaskan lantaran permintaan sampai Desember 2017 telah mencapai 50 ribu unit.


PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memastikan angka produksi Xpander di atas 70.000 unit (fiscal year dari April 2018 sampai Maret 2019) seiring dengan meningkatkan permintaan dari konsumen di Indonesia.

Sebelumnya diberitakan bahwa MMKSI telah menerima sejumlah keluhan soal kualitas Xpander mulai dari tentang RPM (rotasi per menit) yang naik turun dan mesin yang dinilai konsumen mengeluarkan bunyi tak wajar.
Pihak MMKSI telah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah demi masalah yang menimpa jargon barunya di kelas LMPV.

"Kami sudah tangani, jadi konsumen yang komplain kami tangani (selesaikan masalahnya)," tegas Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro.

Berikut daftar low MPV terlaris pada Januari 2018:

Toyota Avanza 7.543 unit

Mitsubishi Xpander 7.079 unit

Daihatsu Xenia 3.912 unit

Suzuki Ertiga 3.223 unit

Honda Mobilio 1.847 unit

Wuling Confero 555 unit (mik)


BACA JUGA